Tips Menghadapi Masa Persiapan Pensiun (MPP)

Bagi Anda yang sebentar lagi akan menghadapi Masa Persiapan Pensiun (MPP) tentunya ada yang sudah mulai berencana untuk mengisi masa pensiun dengan berbagai kegiatan. Pada awal masa pensiun, tentunya Anda perlu menyesuaikan pola hidup dan aktivitas karena pasti akan terjadi perbedaan.

Anda yang sebelumnya bekerja, tentunya sudah memiliki keteraturan dan jadwal rutin yang telah terprogram. Namun saat masa pensiun tiba aneka rutinitas tersebut tidak lagi dijalani. Bisa saja Anda kembali bekerja setelah pensiun, akan tetapi tentunya pekerjaan yang bisa digeluti lebih terbatas dibandingkan kala masih berusia muda. Faktor usia yang terus bertambah tentunya tidak bisa dipungkiri akan membuat tubuh Anda lemah, dan kekuatan pun berkurang.

persiapan pensiun muvigroup

Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips untuk Anda yang akan menghadapi Masa Persiapan Pensiun agar lebih siap menjalaninya.

  • Aktivitas
    Meskipun kelak ketika masa pensiun tiba, berusahalah untuk tetap memiliki aktivitas dan kegiatan yang berarti. Entah itu melakukan pekerjaan yang menyenangkan, menekuni hobi, ataupun kegiatan sosial kemasyarakatan.
  • Mental
    Bagi pegawai yang ketika aktif bekerja memiliki jabatan, masa pensiun tidaklah perlu ditakuti dengan perasaan berkurangnya ‘kekuasaan’. Post Power Syndrome yang kerap dialami oleh sebagian orang biasanya terjadi akibat mental yang tidak siap ketika harus kehilangan harga diri dan rasa percaya diri.
  • Keuangan
    Saat pensiun, uang pesangon atau uang pensiun tentunya mesti digunakan untuk sebaik-baiknya dan secara terencana. Bagi Anda yang memiliki uang pesangon besar, hati-hati dengan beraneka tawaran investasi atau bisnis yang memberikan keuntungan terlalu ideal. Pertimbangkan resiko dan analisa terlebih dulu bersama pihak yang kompeten untuk menganalisa peluang tersebut akan lebih bijak sebelum memutuskan pilihan.

Demikian beberapa tips yang menghadapi Masa Persiapan Pensiun. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai persiapan pensiun ini, mengikuti pelatihan masa persiapan pensiun tentunya merupakan pilihan bijak yang patut dipertimbangkan.

Hubungi PT Muvi untuk Anda yang memerlukan mitra berpengalaman sebagai penyelenggara training kewirausahaan masa persiapan pensiun.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.