Pensiun Normal atau Normal Retirement

Pensiun Normal (Normal Retirement)

Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang Pensiun Normal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud pensiun. Pensiun merupakan seseorang yang sudah tidak bekerja yang disebabkan oleh usia yang sudah mulai lanjut dan harus diberhentikan, atau atas permintaan yang diajukan oleh seseorang yang disebut dengan Pensiun Muda. Seseorang yang pensiun biasanya mendapat dana pensiun atau pesangon, yang artinya
walaupun Anda sudah pensiun atau berhenti bekerja Anda akan tetap mendapat dana sampai anda meninggal.

Pesangon merupakan uang yg diberikan untuk bekal bekal kepada karyawan yang diberhentikan dari pekerjaan yang Anda jalani dalam rangka pengurangan tenaga kerja.

Ada beberapa jenis pensiun, diantaranya adalah :

Pensiun normal adalah pensiun yang diberikan untuk karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun yang ditetapkan perusahaan. Pensiun normal merupakan tingkatan pensiun yang paling rendah dan Anda dapat pensiun tanpa harus meminta persetujuan dari kepala peerusahaan, jenis pensiun ini merupakan pensiun yang diberikan untuk karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang Anda tempati. Peserta yang pensiun pada usia pensiun normal atau setelahnya, berhak atas manfaat pensiun yang dihitung berdasarkan rumus pensiun yang berlaku bagi kepesertaannya sampai saat pensiun.

Tentu batas usia yang ditentukan setiap negara dengan negara lain tidaklah sama, peraturan batas usia bisa saja sewaktu-waktu beruabah sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang Anda tempati. Tetapi pada umumnya batas usia dari pensiun normal di setiap negara yaitu 60 tahun dan di Indonesia yaitu 55 tahun sampai 60 tahun. Usia pensiun normal ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun dan tidak boleh melebihi usia yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Di Indonesia sendiri, usia pensiun normal biasanya adalah 55 tahun.

Namun ada juga yang memberikan pensiun setelah masa bakti tertentu, meski belum menginjak usia pensiun normal. Misalnya adalah memberikan hak pensiun kepada karyawannya begitu mencapai masa kerja tertentu seperti 30 tahun usia kerja.

Masih bingung setelah pensiun mau ngapain dan apa yang harus dilakukan sebagai seorang pensiunan?, kami MUVI Your Success Partner sebagai konsultan SDM dapat membantu anda untuk menemukan caranya dalam menghadapi masa pensiun agar tercapainya kesuksesan dan kesejahteraan. Untuk info lebih jelasnya bisa tanyakan pada kami di kolom kontak atau chat langsung dengan para marketing kami di kolom biru pojok kanan bawah. Terima kasih

Baca Juga : Pelatihan Kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun / Mastering Pension Program (MPP)

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.