Menjaga Kesehatan di Usia Pensiun

Di Masa Pensiun, selain berolahraga dan bergerak aktif, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh setelah pensiun.

  1. Cukup istirahat

Pada saat bekerja, anda akan dipaksa untuk bangun dini hari dan berangkat ke kantor. Belum lagi, anda harus pulang di larut malam, dengan kondisi fisik yang capek. Waktu istirahat hanya sedikit, dan itu menyebabkan konsentrasi bekerja menjadi terganggu.

Agar performa kerja tetap baik, kita harus cukup istirahat. Turunnya kemampuan konsentrasi hingga stres bersumber dari istirahat yang tidak cukup. Masa pensiun adalah waktu yang sempurna untuk lebih membiasakan diri tidur dan bangun di jam yang sama, tanpa tergesa-gesa atau keharusan lembur.

  1. Cek kesehatan secara rutin

Jangan sampai penyakit membuat Anda tidak dapat menikmati hari tua. Deteksi potensi gangguan kesehatan sedini mungkin. Sejumlah tes kesehatan bisa dilakukan dengan murah, dan dibanyak tempat seperti supermarket. Yang anda bisa periksa secara rutin adalah :

  • Tekanan Darah
  • Tingkat Gula Darah (deteksi diabetes)
  • Tingkat Asam Urat dalam Darah
  • Tingkat kolesterol dalam darah

Melakukan cek kesehatan secara rutin, bisa memberikan sinyal awal pada anda. Bila tingkat kolesterol dalam darah anda tinggi, misalnya. Anda akan diberikan saran untuk mengurangi makan gorengan dan makanan berlemak.

  1. Memiliki Asuransi Kesehatan

Apabila anda seorang pegawai negeri, di Masa Pensiun anda akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan lewat ASKES, atau BPJS kesehatan yang dibayarkan saat anda masih bekerja. Namun bila kita pegawai swasta, mungkin bisa dipertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Meskipun premi yang dibebankan setiap bulannya bisa jadi agak besar.

Namun jika Anda memang belum memiliki asuransi kesehatan, tidak pernah terlambat untuk mendaftarkan diri. Bila usia kita saat ini masih muda dan sehat, memiliki asuransi kesehatan sejak sekarang, anda bisa mendapatkan premi asuransi yang ringan, untuk dibayarkan setiap bulannya. Atau cara lainnya adalah Anda juga bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

  1. Tetap mengonsumsi obat/vitamin

Hidup hemat di masa pensiun juga jangan sampai membuat anda kekurangan nutrisi. Penghematan bisa dilakukan dengan tidak makan di restoran, misalnya. Tapi, memasak di rumah akan lebih baik. Anda bisa makan makanan yang bergizi, dan lebih sehat dibandingkan makanan restoran.

Jika Anda kekurangan vitamin atau mineral tertentu dan pola makan yang diubah belum mencukupi kebutuhan nutrisi, belilah suplemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ragu atau butuh petunjuk lebih. 

  1. Menghindari kebiasaan buruk

Sejumlah kesehatan, menimbulkan banyak penyakit berbahaya. Kebiasaan merokok menyebabkan penuaan dini dan membuat Anda lebih berisiko mengidap berbagai penyakit kronis. Begitu juga dengan konsumsi minuman keras dan minuman berkafein secara berlebihan.

Kesehatan harus dijaga. Penyakit harus dihindari. Jauhi minuman keras, Jangan Merokok, dan Kurangi Minuman dan makanan berkafein. Makanan pedas dan bersantan juga bisa jadi harus dihindari. Makanan Pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Dan Makanan bersantan bisa menimbulkan mempertinggi kadar kolesterol dalam darah.

Kesehatan haruslah dijaga, agar masa pensiun dapat dijalani dengan bahagia, sehat, sejahtera, dan penuh makna. Kesehatan fisik yang terjaga sejak muda, dapat membuat purna karya menjalani hidup yang lebih nyaman dan hemat di masa pensiun. Dengan begitu, usia harapan hidup pun bisa lebih tinggi, dan usia kita bisa lebih panjang. Penyakit yang menyebabkan mati mendadak seperti penyakit jantung koroner pun sebenarnya bisa dihindari bila kita mengikuti cara-cara diatas.

Sumber Referensi:

esqmpp.com. tips-kesehatan-di-usia-pensiun.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.