Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles Persiapan Pensiun

 

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata purnabakti ?, orang yang sudah tua, berhenti bekerja, atau mungkin menimati hidup di usia keemasan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata Purnabakti adalah pur.na.bak.ti Adjektiva (kata sifat) pensiun (setelah berakhir masa bakti) atau tidak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai.

Purnabakti dapat diartikan dengan  berakhirnya masa kerja atau pengabdian seseorang di suatu lembaga pemerintah atau swasta setelah puluhan tahun bekerja baik karena sudah waktunya berhenti atau atas permintaan orang yang bersangkutan sengaja berhenti (resign) dari tempatnya bekerja karena ingin terbebas dari rutinitas kantor atau hal lainnya dan lebih memilih memulai bisnis sendiri dengan alasan ingin memiliki banyak waktu dengan keluarga atau alasan lainnya.

Lalu apa hubungannya dengan Training Pra Purnabakti atau pelatihan yang dilakukan sebelum masa purnabakti?

Masa purnabakti adalah masa dimana seseorang meninggalkan segala rutinitas yang hampir secara otomatis seseorang lakukan selama bertahun-tahun. Tentu tidak mudah untuk melewatinya, apalagi mereka pernah menduduki jabatan tinggi yang cukup disegani banyak orang bisa mengalami Post Power Sindrome disaat masa purnabakti. Menurut Jalaludin (1996:111) Post Power Syndrome adalah masa transisi yang dialami oleh individu dari bekerja dan kemudian pensiun sangat mempengaruhi psikologis individu tersebut. Pada satu pihak kemampuan fisik pada usia tersebut menurun namun di sisi lain, individu tersebut kaya akan pengalaman. Kejayaan masa lalu yang pernah di peroleh sudah tidak lagi mendapat perhatian karena secara fisik , mereka dinilai lemah. Kesenjangan inilah yang membuat konflik batin dalam diri individu tersebut. Kesenjangan ini juga menimbulkan perasaan terasingkan.

Maka untuk bisa melewati masa keemasan yang sesuai impian perlu adanya Training Pra Purnabakti agar setiap individu lebih optimal dalam menjalani karir kedua atau menikmati waktu dengan keluarga melalui berbagai kegiatan produktif yang masih bisa dilakukan.

Dalam kegiatan Training Pra Purnabakti, setiap pensiunan akan dilatih bagaimana memahami diri sendiri dalam menemukan kebahagiaan, menyiapkan keuangan dan berinvestasi dengan tepat serta berwirausaha dibidang yang sesuai dengan bakat yang dimiliki melalui test minat bakat.

Secara umum Training Pra Purnabakti dapat diikuti oleh siapa saja selain para calon pensiunan itu sendiri, karena apa yang dipelajari dalam pelatihan tersebut sangat berguna bagi para pegawai yang bermental pengusaha, owner perusahaan dan berbagai profesi lainnya. Jadi, Training Pra Purnabakti sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang ingin mengoptimalkan potensi diri dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki. So… tunggu apalagi?  Are you ready to be better???(arts)

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

One Response to “Training Pra Purnabakti”
Read them below or add one

  1. Ryan Artsamawa says :

    5 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Pensiun
    Read, Like, Share and Comment !!!
    Mari berbagi kebaikan 🙂
    http://muvigroup.com/5halyangharusdilakukansebelumpensiun.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.