Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles Persiapan Pensiun

 

Bagi sebagian orang, pensiun adalah “hadiah” setelah puluhan tahun bekerja. Ini waktunya mereka bersantai, bereksplorasi, bersenang – senang, dan melepaskan diri dari tekanan pekerjaan. Namun bagi sebagian orang yang lain, pensiun justru dianggap sebagai masa yang mencemaskan. Selain kondisi fisik merosot, produktifitas juga menurun. Bahkan ada yang mengatakan bahwa masa enak pensiun hanya tiga bulan pertama. Setelah berpuas – puas istirahat di rumah dan berkumpul bersama keluarga, dihari berikutnya bingung mencari kesibukan. Waktu menjadi terasa panjang dan membosankan.

Kecemasan menghadapi pensiun memang beralasan. Bagaimanapun, pensiun adalah “Transisi jalan kehidupan yang melibatkan perubahan lingkungan sehingga mengubah kebiasaan hidup sehat, interaksi sosial, tekanan psikososial, sekaligus mengubah identitas dan pilihan – pilihan hidup” kata Robin Moon.

Bagaimana pun juga, masa pensiun adalah masa yang mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap pegawai. Masa ini memang agak rentan dari sisi psikologis, baik dari pegawai yang bersangkutan maupun dari keluarganya. Banyak di antara mereka yang tidak bisa menghadapi efek psikologis terutama mereka yang pernah menjabat suatu posisi penting dan strategis. Mereka bisa mengalami post power syndrome. Tetapi tidak sedikit pula di antara mereka yang bisa menerima kenyataan ini. Mereka bisa menikmati masa tuanya dengan tenang dan damai walaupun kehidupannya pas – pasan.

Setiap individu atau organisasi, baik perorangan atau perusahaan yang mempunyai komitmen dan perhatian terhadap masa depannya, pasti akan mempersiapkan masa purnabakti (pensiun) sebaik mungkin.

Training Masa Persiapan Purnabakti diharapkan dapat menjembatani setiap orang atau eks pegawai dalam perpindahan atau perubahan karir yang akan dihadapi setelah pensiun dengan memanfaatkan segala kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk menjemput masa pensiun impian atau yang sesuai dengan harapan.

Membangun rasa percaya diri setiap pegawai yang akan memasuki masa purnabakti serta mampu memanfaatkan kesempatan yang ada untuk karir kedua secara produktif adalah sebagian dari tujuan Training Masa Persiapan Purnabakti.

Peserta Training Masa Persiapan Purnabakti biasanya adalah mereka yang akan memasuki masa pensiun atau mereka yang ingin memulai karir baru di dunia usaha.

 

Siapakah Yang Perlu Ikut Training Masa Persiapan Purnabakti?

  1. Karyawan yang mempersiapkan pensiun dengan baik (sektor jasa dan barang)
  2. Karyawan yang mempunyai mental pengusaha
  3. Calon pensiunan dini
  4. Owner perusahaan
  5. Para stakeholder perusahaan yang akan pensiun
  6. Level manajerial perusahaan (spv, manager, GM )
  7. Pegawai profesi (Dokter, Pilot, Artis, Atlit, Notaris, Guru, Kepala Sekolah, Aktuaris, dll)
  8. Perusahaan dana pensiun

 

Secara garis besar materi yang akan dibahas dalam Training Masa Persiapan Purnabakti adalah:

  1. Pemahaman diri, perubahan mengenal diri, berfikir dan bersikap positif, serta mengelola emosi dan motivasi, matang di masa purnabakti
  2. Pengaturan ekonomi keluarga ( review tujuan hidup keluarga, pengaturan ekonomi keluarga, investasi keluarga )
  3. Memilih kegiatan yang produktif ( mengelola usaha kecil, peluang agribisnis, berbisnis dan lainnya)

 

Training Masa Persiapan Purnabakti

Jangan lewatkan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun (MPP) untuk menuju Pensiun Sukses & Bahagia di Graha MUVI Bandung, tanggal 17-19 Mei 2016

 

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

One Response to “TRAINING MASA PERSIAPAN PURNABAKTI”
Read them below or add one

  1. Ryan Artsamawa says :

    5 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Pensiun
    Read, Like, Share and Comment !!!
    Mari berbagi kebaikan 🙂
    http://muvigroup.com/5halyangharusdilakukansebelumpensiun.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.