Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Persiapan Pensiun

 
Di era serba digital seperti saat ini, siapapun baik yang sudah memasuki masa pensiun maupun yang masih produktif bekerja, harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangannya yang sedemikian cepat.
dapatkah-pemula-meraih-sukses-di-binary-options-199090-1 Pada awal 2018, Majalah Forbes menuliskan bahwa keuntungan yang bisa didapat dari perkembangan teknologi digital ialah dengan mudahnya membeli dan menjual barang secara online. Bagi pensiunan, terjun ke bisnis e-commerce dengan memanfaatkan teknologi digital merupakan salah satu pilihan tepat. Selain demi mendapatkan penghasilan tambahan dan tetap produktif di masa tua, manfaat aktif bersentuhan dengan dunia digital adalah agar otak dapat terus bekerja dan terhindar dari kepikunan. Untuk merealisasikan niat terjun ke bisnis e-commerce, Anda tidak perlu harus menjadi pakar dalam hal tersebut. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa faktor demi mendukung praktik bisnis yang ingin dijalankan. Berikut adalah pedoman singkat untuk memulai bisnis online pada saat pensiun.  

1. Tentukan produk

Menentukan produk yang akan dijual sebelum memulai bisnis ini merupakan hal yang paling penting. Alsannya, segmen pasar di jagat maya begitu luas dan Anda tidak akan bisa menjangkau seluruhnya. Anda bisa memulainya dengan menjual produk yang bisa terjangkau oleh kondisi permodalan yang ada. Pastikan pula ide tentang produk yang akan dijual itu realistis dan tidak merepotkan.  

2. Memulai bisnis berdasarkan hobi

Apabila ingin memulai bisnis online yang sesuai dengan kegemaran dan minat, Anda harus memikirkan kembali untung-ruginya. Misalnya, Anda menggemari buku-buku ketika sebelum pensiun, maka Anda bisa memanfaatkan pengetahuan tentang buku apa saja yang punya nilai ekonomi dan bisa banyak dicari di dunia maya.  

3. Menentukan harga pasar

Anda harus jeli melihat harga yang ada di pasaran sebelum memutuskan akan menjual suatu produk. Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah apabila menjual produk dengan harga yang relatif lebih murah daripada harga di pasaran, Anda harus menjual barang tersebut dalam jumlah banyak untuk mengembalikan modal. Namun, apabila menjual produk dengan harga yang lebih mahal, Anda harus mengutamakan kualitas.  

4. Usaha sendiri

Anda bisa mengelola jenis usaha sendiri. Dengan begitu, Anda merupakan pemegang kendali dan pembuat putusan. Kemajuan dan untung-rugi bisnis online ada sepenuhnya di tangan Anda. Dengan melakukannya sendiri, Anda akan terbebas dari berbagai pengaruh orang lain yang dapat menghambat kemajuan. Akan tetapi, jangan alergi untuk meminta nasihat, pendapat, dan bantuan dari kaum muda. Banyaklah bertanya kepada cucu atau anak Anda yang lebih paham tentang dunia digital.  

5. Manfaatkan teknologi dan relasi

Masa pensiun bukan berarti harus menutup diri terhadap teknologi. Setelah Anda merasakan asam garam kehidupan, Anda bisa menerapkan pengalaman tersebut ke dalam bisnis online. Pahamilah bahwa pada dasarnya, konsep praktik dagang selalu sama dari masa ke masa, hanya platform-nya yang berbeda. Dengan menjual barang secara online, Anda tidak perlu bepergian mengantarkan barang kepada pembeli, cukup menggunakan jasa kurir untuk pengiriman. Anda juga bisa menghubungi teman lama dan rekan bisnis dahulu untuk memeperluas pasar usaha yang sedang digeluti. Dengan memanfaatkan relasi tersebut, angka penjualan akan meningkat.  

6. Pemasaran kecil-kecilan

Saat memulai jenis bisnis yang terbilang baru, ada baiknya jangan terburu-buru dan ingin cepat sukses. berinvestasi besar-besaran di bidang e-commerce bukanlah suatu jaminan bahwa bisnis tersebut akan sukses. Setelah menetapkan produk, sasarlah orang-orang terdekat Anda sebagai pasar dengan melakukan pemasaran kecil-kecilan baik di media sosial maupun secara tatap muka.  

7. Memprediksi berbagai kemungkinan

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus memiliki alternatif lain apabila bisnis Anda tidak berjalan sesuai rencana. Anda meski merencanakan apa yang harus dilakukan apabila modal tidak kembali maupun mengalami kesulitan memasarkan produk. Sama seperti kehidupan, Anda perlu merencakan alternatif lain dan melakukan perubahan terhadap apa yang menghambat kemajuan bisnis. Berbisnis di dunia maya menuntut fleksibilitas tinggi. Pengalaman segudang yang telah dilalui dan sikap tidak mudah menyerah merupakan modal bagus pada masa pensiun untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses.***   Editor: Sena Lesmana

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.