Tips Latihan Membangun Tim dalam Bekerja

Membangun Tim
Menjadikan Team Building sebagai Prioritas Harian

Membangun tim adalah tentang menyediakan keterampilan, pelatihan, dan sumber daya yang dibutuhkan orang-orang Anda, sehingga mereka dapat bekerja secara harmonis. Tetapi, agar benar-benar efektif, itu perlu proses yang berkelanjutan, tertanam dalam budaya tim dan organisasi Anda.

Ada tempat untuk latihan membangun tim satu kali, tetapi mereka harus memiliki tujuan yang jelas, seperti meningkatkan keterampilan tertentu, dan harus dirancang dengan baik untuk menghindari konflik.

 

Memulai: Mengidentifikasi Kebutuhan Tim Anda

Langkah pertama dan paling penting ketika merencanakan kegiatan pembangunan tim adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan tim Anda.

Mulailah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengidentifikasi akar masalah:

  • Adakah konflik antara orang-orang tertentu yang menciptakan perpecahan di dalam tim?
  • Apakah anggota tim perlu mengenal satu sama lain dengan lebih baik?
  • Apakah beberapa anggota fokus pada kesuksesan mereka sendiri, dan membahayakan kelompok sebagai hasilnya?
  • Apakah komunikasi yang buruk mempengaruhi kemajuan grup?
  • Apakah orang perlu belajar untuk bekerja bersama, bukan secara individual?
  • Apakah beberapa anggota memengaruhi kemampuan grup untuk bergerak maju melalui penolakan terhadap perubahan?
  • Apakah kelompok memerlukan dorongan moral?

Anda dapat memilih kegiatan yang ditargetkan untuk membantu tim Anda mengatasi masalah yang muncul dari pertanyaan.

Tip:

Anda dan anggota tim Anda juga dapat bekerja melalui Penilaian Efektivitas Tim kami sebagai latihan kelompok. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi seberapa baik Anda semua bekerja bersama, dan untuk mengetahui bidang apa yang perlu ditingkatkan.

 

Menjadikan Team Building Bagian dari Budaya Anda

Latihan membangun tim set-piece adalah salah satu cara untuk memperkuat ikatan di dalam tim Anda, tetapi itu bukan jalan pintas menuju sukses. Alih-alih, Anda perlu menjadikan pembangunan tim sebagai bagian dari pola pikir grup Anda.

Pikirkan tentang tim yang membangun potensi kegiatan kerja rutin, pertama. Kemudian, gunakan empat strategi berikut untuk mengembangkan kekuatan, kekompakan, dan efektivitas tim Anda setiap hari:

  1. Kenali Tim Anda

Tim Anda terdiri dari orang-orang dengan kebutuhan, ambisi, dan kepribadian yang berbeda. Mengenal mereka, dan membantu mereka saling mengenal, dapat membangun tim yang bahagia dan dapat dipercaya.

Menjadi tuan rumah minuman malam sebelum liburan atau bahkan barbeque tim murah, misalnya, adalah cara mudah untuk mulai membuat anggota tim Anda bergaul dan bergaul.

Menghadiri acara sosial adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan. Orang-orang akan lebih terbuka dan mengungkapkan kepribadian mereka dalam suasana yang santai. Juga, penelitian telah menunjukkan bahwa berbagi aspek kehidupan pribadi Anda meningkatkan kesukaan Anda, karena hal itu menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda bisa menjadi manajer yang empatik, penuh kasih, dan otentik.

Peringatan:

Bersosialisasi dengan kolega atau bos Anda berbeda dari bersosialisasi dengan teman dan keluarga! Artikel kami tentang bersosialisasi di tempat kerja dapat membantu Anda dan anggota tim Anda untuk menikmati diri sendiri dengan tepat.

  1. Bekerja Menuju Tujuan Bersama

Anda dapat menyatukan orang-orang Anda dengan mengilhami mereka untuk mendukung visi atau tujuan bersama. Memiliki tujuan yang diidentifikasi dengan jelas dapat mencegah individu menarik ke arah yang berbeda, yang membuat frustrasi dan tidak efektif.

Membuat Piagam Tim dapat memberikan definisi tertulis tentang tujuan dan sasaran tim kepada orang-orang Anda. Anda dapat menemukan strategi untuk menyatukan tim untuk mencapai tujuan tertentu dalam sesi Pelatihan Bite-Sized kami, /community/Bite-SizedTraining/TeamBuilding.phpTeam Building.

  1. Kembangkan Keterampilan Tim Yang Kuat

Tim Anda perlu mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang tepat untuk mencapai tujuannya. Matriks keterampilan adalah titik awal yang kuat untuk melakukan hal ini. Gunakan matriks untuk mengaudit kemampuan anggota tim Anda dan kebutuhan pelatihan, dan untuk mencocokkan keterampilan mereka dengan peran tertentu.

Mengembangkan set keterampilan yang lebih kuat, dan mencocokkan orang-orang Anda dengan peran yang paling cocok bagi mereka, dapat menghasilkan tim yang lebih mampu dan lebih termotivasi.

Tip:

Berhati-hatilah untuk memenuhi kebutuhan pelatihan anggota tim Anda dengan cara yang paling tepat. Penelitian menunjukkan bahwa orang belajar terbaik melalui pengalaman sehari-hari. Dan, menurut Kerangka 70:20:10, rasio optimal untuk melatih orang adalah 70 persen pengalaman praktis sehari-hari, 20 persen “paparan,” dan 10 persen pembelajaran formal.

  1. Terhubung Dengan Tim Virtual

Kemungkinannya adalah, karena semakin banyak orang bekerja dari jarak jauh, Anda dapat menemukan diri Anda mengelola tim virtual. Mungkin sulit untuk membangun hubungan di antara anggota tim yang tidak pernah, atau jarang, bertatap muka. Zona waktu dan perbedaan budaya dapat menghadirkan tantangan tambahan saat mempertimbangkan kegiatan pembangunan tim atau strategi untuk tim jarak jauh.

Anggota tim jarak jauh Anda mungkin merasa terisolasi dari kolega mereka, sehingga mereka kemungkinan akan menyambut peluang untuk bersosialisasi “secara virtual,” meningkatkan keterampilan mereka, dan bersenang-senang juga! Lihat artikel kami, Latihan Membangun Tim Virtual, untuk beberapa saran praktis.

Dimungkinkan untuk tetap berkomunikasi secara teratur dan efektif dengan anggota tim virtual, mengingat berbagai alat online yang tersedia. Namun, kunci untuk membangun tim yang efektif lebih terletak pada bagaimana para anggotanya berkomunikasi daripada dalam teknologi yang mereka gunakan.

Baca Juga: 5 TIPS MEMBANGUN TIM YANG SOLID

Menggunakan Latihan Membangun Tim

Latihan membangun tim satu kali dapat menjadi cara yang berguna dan efektif untuk mengatasi kelemahan atau masalah tertentu. Tetapi ada juga bahaya bahwa, paling-paling, mereka hanya hari yang menyenangkan di luar kantor atau, paling buruk, mereka dapat melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Acara yang tidak direncanakan dengan baik dapat memalukan, atau secara fisik dan emosional tidak nyaman, bagi para peserta.

Tip:

Latihan membangun tim memiliki reputasi yang ternoda, sehingga Anda mungkin akan memiliki orang-orang yang menganggapnya buang-buang waktu. Gunakan 4P Delegasi untuk mendeteksi penolakan tersebut dan untuk mendorong partisipasi. Alat ini membantu untuk membuka diskusi, untuk mengeksplorasi perasaan orang tentang acara tersebut, dan untuk mengubah “penumpang,” “pengunjuk rasa” dan “tahanan” menjadi peserta yang berharga.

Ada banyak contoh yang menyenangkan dan efektif untuk dicoba setelah Anda mengidentifikasi area spesifik di mana latihan satu kali akan tepat. Ikuti lima pendekatan ini:

  1. Jika anggota tim Anda akan mendapat manfaat dari meningkatkan pemecahan masalah atau pengambilan keputusan mereka, Anda dapat mencoba tiga latihan ini untuk mengubah masalah menjadi peluang.
  2. Menjadi lebih umum bagi tim untuk mengembangkan keterampilan berpikir strategis, ketika organisasi menjauh dari pendekatan formal dari atas ke bawah. Anda dan tim Anda dapat menjelajahi strategi dan latihan perencanaan ini untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan ini.
  3. Bantu karyawan Anda untuk berkomunikasi lebih efektif dengan artikel kami tentang Latihan Membangun Tim – Komunikasi.
  4. Kreativitas sangat penting untuk kesuksesan organisasi. Ini mendorong inovasi dan dapat membantu memecahkan bahkan masalah yang paling sulit sekalipun. Anda dapat mendukung pemikiran kreatif dalam tim Anda dengan latihan-latihan ini.
  5. Dorong orang-orang Anda untuk mengembangkan kekuatan persuasi, negosiasi, dan komunikasi mereka dengan latihan kepemimpinan ini.

Peringatan:

Membangun tim adalah tentang menyatukan dan mendorong orang daripada memecah belah dan melemahkan semangat mereka. Tetapi latihan kompetitif pasti menghasilkan pecundang serta pemenang, dan dapat menyebabkan anggota tim Anda saling bekerja sama. Jadi, hindari jenis kegiatan ini – mereka dapat dengan mudah menjadi bumerang.

 

Poin-Poin Utama

Membangun tim hanya dapat terjadi ketika kegiatan yang relevan dan tepat waktu yang memenuhi kebutuhan spesifik merupakan bagian dari budaya organisasi Anda. Latihan satu kali saja bisa membantu dengan ini, tetapi itu bukan jalan pintas menuju sukses.

Tujuan dari kegiatan membangun tim adalah untuk memotivasi karyawan Anda untuk bekerja bersama, mengembangkan kekuatan mereka, dan untuk mengatasi kelemahan apa pun. Jadi, setiap latihan membangun tim harus mendorong kolaborasi daripada kompetisi.

Pastikan untuk memasukkan pengembangan tim ke dalam rutinitas dan praktik tempat kerja Anda. Misalnya, kenali orang-orang Anda dengan lebih baik, bekerjalah menuju sasaran bersama, kembangkan keterampilan mereka, dan lakukan upaya ekstra untuk terhubung dengan anggota tim virtual Anda.

Dengan cara ini, Anda akan membangun fondasi tujuan, kepercayaan, dan hubungan yang kuat yang dapat Anda tambahkan ke acara yang menantang, secara tepat dan efektif.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.