Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles Bisnis Pensiun Bisnis Sampingan Entrepreneur info pensiun Investasi Masa Pensiun Masa Persiapan Pensiun Pelatihan Kewirausahaan Pelatihan Pensiun pembekalan pensiun Pengusaha Pensiun Sejahtera Pensiun Sukses dan Bahagia Persiapan Pensiun Pra-purnabakti Program Pelatihan Services Usaha Pensiun

 
Persiapan Pensiun ; 7 Kegiatan yang dilakukan saat Pensiun   Pensiun itu pasti, persiapan pensiun juga mesti dilakukan. pelatihan persiapan pensiun juga mesti anda jalani. Supaya saat pensiun nanti, bisa anda nikmati sepenuh hati. Persiapan pensiun apa yang sudah anda lakukan? Bagi anda yang saat ini sedang melakukan persiapan pensiun, namun bingung apa yang perlu dipersiapkan untuk pensiun. Semoga beberapa tip berikut dapat mengisi masa pensiun anda dengan bahagia dan tetap bermanfaat bagi banyak orang.  
  1. Menjadi pengajar
Anda mungkin tidak memerlukan gelar khusus di bidang keguruan untuk mendapatkan kesempatan menjadi pengajar di TK, SD, SMP, maupun di lembaga-lembaga pendidikan alternatif. Program pendidikan dan pelatihan singkat akan membantu Anda untuk siap menjadi pengajar di bidang tertentu. Program pendidikan dan pelatihan singkat di bidang keguruan itu dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengatasi kekurangan jumlah pengajar di beberapa wilayah. Syaratnya, tentu Anda harus bersedia tinggal di daerah tertentu yang mengalami kekurangan tenaga pengajar.  
  1. Menekuni dunia seni
Membuat karya seni dapat menghadirkan semangat dan kebahagiaan. Itulah kenapa ada banyak orang yang mengikuti kursus untuk mendapatkan kembali sentuhan seni yang sempat hilang selama bertahun-tahun. Jika melukis, memahat, atau bermusik adalah hal yang Anda suka, mulailah lakukan lagi dengan lebih serius dan upayakan juga agar bisa membawa manfaat bagi orang lain selain hanya untuk kesenangan pribadi.  

QUOTES

Mengganti cucu yang hilang bukan semudah mengganti balon yang meletus untuk anak TK. Tak ada warisan yang lebih besar yang dapat kita berikan kepada anak cucu kita daripada sebuah dunia yang aman dan damai.  
  1. Bermain secara rutin dengan cucu
Bermain dengan cucu bisa membuat Anda kembali akrab dengannya setelah bertahun-tahun dipisahkan kesibukan. Namun perlu diingat, jangan dekati cucu tanpa persetujuan orangtuanya. Ketika Anda sedang bersama cucu, upayakan untuk tidak membicarakan tentang film atau permainan, tetapi ajaklah mereka ke kebun binatang berjalan-jalan mengunjungi museum, ajak ke tempat-tempat yang mereka sukai.  
  1. Menelusuri sejarah kota
Ketika memasuki masa pensiun, tanpa disadari, dalam diri muncul upaya untuk mengingat masa lampau. Anda lantas akan terlempar ke masa lalu. dan hal yang paling menakjubkan ketika Anda asyik tenggelam dalam kenangan masa lalu ialah melacak ingatan tentang di mana Anda tumbuh, belajar, dan menjadi dewasa. Telusuri lagi perjalanan hidup Anda dengan mengunjungi tempat-tempat yang punya nilai sentimental. Kaitkan pengalaman pribadi Anda dengan perkembangan kota tempat Anda tinggal sebagai entitas komunal. Akan lebih menarik jika Anda mengabadikannya dalam foto atau video dan bandingkan suasana saat ini dengan ketika Anda muda.  
  1. Menemui teman lama
Di masa pensiun, biasanya Anda selalu punya teman-teman baru. Namun, hal yang tidak kalah berharga adalah mempererat kembali hubungan dengan teman lama yang tidak bisa dilupakan. Anda bisa mulai mencari keberadaan teman lama dengan mencarinya melalui jejaring sosial seperti Facebook yang memungkinkan Anda melakukan pertemuan kembali.  
  1. Mempelajari hal baru
Latihlah kemampuan baru seperti memakai perangkat lunak komputer, tetapi janganlah terlalu memaksakan diri. Mempelajari hal baru bukan berati harus menjadi mahir. Hal yang perlu ditekankan ialah bahwa dengan mempelajari hal baru, Anda bisa menjaga ketajaman berfikir dan  
  1. Belajar Bahasa
 The Guardian menyatakan, bagi kaum lanjut usia, mempelari bahasa baru memang sulit. Namun, dengan mempelajari bahasa baru, Anda bisa mereduksi penurunan kemampuan kognitif serta menunda datangnya monster bernama demensia atau kepikunan.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.