Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

Pensiunan karyawan swasta kini mendapat “Dana Pensiun”

Karyawan swasta kini mulai bisa bernafas dengan lega, karena pada masa pensiun nanti mereka akan mendapatkan dana pensiun atau pesangon dari perusahaan di tempatnya berkerja.
Kabar menyenangkan tersebut telah di atur oleh Undang Undang Dasar Nomor 4 Tahun 2011. Undang undang ini di tetapkan per tanggal 1 Juli 2015, pensiunan karyawan swasta tersebut mendapatkan pesangon sebesar 8 persen.

Dana pensiun sebesar 8 persen yang nanti akan didapat oleh pegawai tidak semua nya ditanggung oleh pegawai  melainkan jadi tanggungan perusahaan dan pegawai. Pembagian biaya untuk dana pensiun adalah 5 persen ditanggung oleh perusahaan dan 3 persen lagi ditanggung oleh pekerja. Namun dengan adanya undang-undang tersebut banyak pengusaha yang tidak setuju, karena mereka menganggap biaya 5 persen yang harus di keluarkan terlalu besar.

Pemberian dana pensiun akan di berikan kepada suami atau istri jika yang bersangkutan telah meninggal, dan jika suami atau istri yang bersangkutan pun meninggal maka dana pensiun tersebut akan di berikan kepada anaknya hingga batas usia 23 tahun atau telah lulus strata 1 (S1) ataupun telah menikah.

Namun untuk mendapatkan dana pensiun setiap bulan mereka harus membayar iuran sekitar 15 tahun. Jika mereka membayar iuran kurang dari 15 tahun maka hanya akan mendapatkan hasil iuran yang telah di bayarkan dengan tambahan bunganya dan dana pensiun tersebut akan dberikan secara langsung.

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana memanfaatkan dana pensiun untuk aktivitas produktif saat masa pensiun tiba ? Ikuti penjelasan dan caranya secara gamblang di acara pelatihan kewirausahaan masa persiapan pensiun / purnabhakti yang diselenggarakan oleh MUVI Group, Konsultan SDM dan Bisnis.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 12, 2016

About

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.