Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

Pensiun Siapa Takut?

Kata-kata pensiun bias jadi kata yang menakutkan bagi sebagian orang, khusus nya para pegawai negri sipil(PNS),Guru,Karyawan BUMN, Pegawai Bank dan Lainya.Bisa jadi ketakutan itu karena mereka takut kehilangan pekerjaan, jabatan, fasilitas ,penghargaan lingkungan mereka.

Kapan Sebaiknya  kita mempersiapkan pensiun? Yaitu Berapapun Usia kita saat ini. Mulai dari sekarang kita harus memikirkan,merencanakan ,mengisi pensiun ,dan  mempersiapkannya. Persiapkan Aktivitas baru agar tidak ada kata pensiun,karena jika ada aktifitas dan kegiatan dilakukan atas kebaikan keluarga dan lingkungan itu adalah ibadah,karena rasa takut akan pensiun yang selalu menghantui diri kita akan hilang.

Kata Pensiun harus kita maknai dengan positif agar tidak takut akan berhentinya  pekerjaan formal  tetapi memulai kehidupan kita yang baru dengan menunggunya profesi yang baru. Ada baiknya kita menuruti pepatah orang mesir seperti “Kalau sedang menganggur jangan lah sendirian tetapi kalau sendirian janganlah menganggur “ Yang Artinya jangan takut akan pensiun,akan kehilangan status,kehormatan,kekurangan penghasilan,tersisih dari pergaulan lama,justru  kita harus mempersiapkan  dengan matang.

Namun tak dipungkiri bahwa pensiunan itu pun manusia biasa, dan masih ingin menjadi sesuatu dan mencari sesuatu ,dan seterusnya. Hanya saja persolan apakah kita mampu mengatur kebutuhan,keinginan dan posisinya dengan dinamika dan kenyataan yang sudah ada. Apa Sudah siapkah mental kita untuk bias menghadapi dan menerima kegagalan itu? Ada Beberapa tips yang harus dilakukan untuk menghadapi pensiunan dan agar tidak merasa ketakutan menghadapinya,yaitu:

1.Persiapan mental dan emosi ,dimana kekuatan dan kemampuan beradaptasi menghadapin perubahan waktu yang akan terjadi jika kehilangan pekerjaan ,status dan kemampuan, ini pun membutuhkan waktu untuk menghadapinnya.

2.kesiapan anggota keluarga agar merubah kebiasaan hidup yang biasa di jalani dengan kehidupan baru.

3 Kesiapan fisik, dapat menjalankan pola hidup yang benar dan sehat dengan cara menghindari asupan gula, kopi, rokok, dan minuman beralkohol. Banyak mengkonsumsi sayuran, buah yang mengandung asam amino. Berolahraga dan tidur yang cukup. Hidup lebih santai dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan

4. Kesiapan finansial, berupa tabungan, asuransi, asset, dan kegiatan usaha selain menerima manfaat pensiun bulanan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Mimpi lah yang indah tentang pensiun, bangun lah impian-impian sejahtera tentang pensiun, Ciptakanlah Gambaran-gambaran indah Bersama keluarga. Pikirkan Keceriaan Dan tawa cucu-cucu anda dan anda membawa nya rekreasi, Lihatlah senyumi manis dan indah pasangan anda.

Anda ingin menghadapi masa pensiun tanpa rasa takut ? Ikuti pelatihan masa persiapan pensiun (MPP) yang MUVI selenggarakan. Muvi Group, Konsultan Manajemen Bisnis & Pelatihan SDM telah berpengelaman mengadakan training kewirausahaan masa persiapan pensiun / purnabhakti di berbagai perusahaan swasta dan lembaga pemerintahan skala nasional.

Hubungi tim Marketing MUVI untuk informasi penjelasan program MPP untuk kebutuhan di perusahaan Anda.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 12, 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.