Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Persiapan Pensiun

 
Banyak orang menyatakan bahwa pensiun adalah waktunya untuk beristirahat, bersenang-senang, dan melepaskan semua rutinitas. Pernyataan itu tak sepenuhnya benar. Jika ternyata kita masih produktif, mengapa tidak kita untuk terus beraktivitas?
Elderly couple retired Menikmati hasil setelah sekian tahun bekerja adalah hal wajar yang patut didapat. Pekerjaan menjadi sebuah rutinitas yang terkadang sangat menjemukan sepanjang hidup. Masa pensiun adalah waktunya untuk melepas beban tersebut dan menikmati hidup. Perasaan itu tak sepenuhnya salah. Pensiun seperti artinya adalah tidak lagi bekerja karena masa tugasnya telah selesai. Namun, bagaimana jika kita masih merasa bisa produktif meski telah memasuki masa purnabakti? Itu yang terjadi di kebanyakan negara maju. Lihat saja negara tetangga kita, Singapura. Di sana, banyak orang yang telah memasuki masa pensiun tapi tetap dipekerjakan di sejumlah bidang usaha. Semisal di gerai makanan cepat saji atau bidang lain yang tak membutuhkan pekerjaan berat. Jika menilik dari kasus itu, maka tak ada salahnya kita tetap produktif meski telah melebihi usia kerja. Meskipun demikian, bukan berarti kita tetap larut dalam kesibukan pekerjaan dan lupa untuk bersenang-senang. Patut dicatat, bahwa keduanya seharusnya dapat berjalan bersamaan.

Jalani hobi saat pensiun

Untuk tetap produktif diperlukan energi dan renjana (passion) untuk menjalaninya. Maka, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani hobi produktif yang selama ini dijalani. Hobi tak harus selalu berhubungan dengan materi. Menjaga hubungan baik dengan mitra-mitra kita selama bekerja juga dapat menjadi aset yang sangat berarti. Hobi biasanya akan membuat banyak orang terhubung dengan kesamaan yang serupa tanpa memandang latar belakang. Hobi juga pasti dikerjakan atas dasar kesenangan hingga pasti akan menjalaninya dengan bersenang-senang. Untuk itu, sangat penting menjalani hobi dengan "serius" saat memasuki usia pensiun. Hubungan baik dengan orang-orang terdekat biasanya akan menjadi pintu masuk untuk melakukan sesuatu. Aktivitas produktif dan menghasilkan sesuatu dapat dipilih jika memang kita ingin mengisi masa pensiun dengan lebih bermanfaat. Selain itu, dengan banyaknya aktivitas saat memasuki usia pensiun dapat mengurangi beban keluarga. Selain akan memberikan kita kesibukan, tanpa disadari juga akan memicu anak dan cucu kita untuk berbuat lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Jadi, pensiun boleh saja beristirahat. Namun tetap produktif akan membuat kehadiran kita lebih dirasakan keluarga. Jangan lupa untuk tetap bersenang-senang agar tetap sehat dan ceria.***   Editor: Sena Lesmana

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.