Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

Pelatihan UKM untuk Menghadapi MEA

Usaha kecil dan menengah (UKM) kini sedang dipersiapkan oleh pemerintah untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pemerintah semakin gencar melakukan pelatihan terhadap para wirausahawan UKM. Tujuan dari pelatihan UKM sendiri adalah agar para wirausahawan dari Indonesia mampu bersaing dengan dengan para wirausahawan ASEAN lainnya. Lalu materi apa saja yang biasanya ada dalam pelatihan UKM? Berikut ini hal-hal yang biasanya dibahas dalam pelatihan UKM;

1. Cara Memulai UKM

Memulai UKM tidaklah semudah yang dipikirkan, karena untuk memulai UKM kita harus mempersiapkan semua nya dengan maksimal mungkin, mulai dari modal, usaha yang akan dibuka, legalitas, hingga bagaimana cara memasarkan. Jadi membuka UKM sangatlah diperlukan kerja keras, tapi jika kita sukses memulai UKM dengan baik maka kita dapat menuai keuntungan yang tidak sedikit.

2. Keterampilan dan Kemampuan

Keterampilan sangatlah diperlukan untuk memulai UKM, sebab jika kita ingin memulai membuka UKM yang kita butuhkan bukan hanya modal dan niat tetapi kita juga harus mempunyai keterampilan dan kemampuan. Jika kita mempunyai kemampuan dan keterampilan berarti kita bisa mengerjakannya sendiri dan hasil keuntungan yang akan di dapatkan juga akan semakin besar.

3. Startegi Pemasaran

Strategi pemasaran sangatlah dibutuhkan oleh para wirausahawan UKM, karena jika wirausahawan mampu memproduksi barang dengan baik namun tidak bisa untuk melakukan pemasaran maka percuma saja. Oleh sebab itulah strategi pemasaran sangatlah dibutuhkan apalagi untuk pemula.

4. Faktor penghambat

Faktor penghambat pun harus di pelajari agar pada saat kita memulai UKM kita tidak banyak mengalami hambatan, jika kita tidak banyak mengalami hambatan saat memulai UKM maka pasti UKM kita akan berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa hal yang biasanya dibahas saat pelatihan UKM dilakukan. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan UKM Anda bisa langung menghubungi muvigroup.

 

 

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 20, 2016

About

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.