Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

12742682_1297712390255954_7668274668894927987_nPengertian Team Building adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang mendasarkan pada prinsip “Experiental Learning” , belajar melalui pengalaman langsung yang sajikan dalam bentuk permainan, simulasi, dialog dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam Program Team Building peserta secara aktif dilibatkan dengan seluruh kegiatan yang dilakukan. Dengan langsung terlibatnya peserta dalam melakukan aktifitas kegiatan , peserta akan segera mendapatkan hasil dari kegiatan yang dilakukan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri masing-masing anggota di masa mendatang.
Perilaku sebuah tim adalah berkolaborasi, bekerjasama, berkomunikasi, berkoordinasi dan bertindak bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama-sama. Diperlukan karakter yang mempunyai tanggung jawab dalam pekerjaan atau dalam hal apapun. Meningkatkan kepercayaan diantara anggota tim sangatlah membantu dalam meningkatkan fungsi dan kualitas tim untuk mencapai kinerja terbaik. Membangun kepribadian dan karakter individu yang ikhlas dan penuh kesadaran untuk memfokuskan waktu dan energy pada kebersamaan di tempat kerja. Dan juga memiliki pandangan untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi kerja.
Team Building merupakan program pelatihan dalam rangka membangun dan membentuk sebuah Tim ( Team Building ) serta bagaimana masing – masing anggota dapat mengidentifikasikan dan selanjutnya secara sinergis berusaha maksimal mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan daripada Team Building atau Program Pelatihan Pembangunan Karakter seperti diantaranya :
1.Meningkatkan kemampuan peserta untuk bekerja dalam tim (teamwork)
2.Meningkatkan motivasi dan keyakinan diri peserta akan kemampuan diri (personal development)
3.Meningkatkan kebersamaan Tim dan rasa saling percaya
Beberapa metode atau proses pembelajaran yang digunakan dalam rogram ini :
1.Materi di kelas
2.Pembiasaan
3.Kesamaptaan
4.Tantangan individu (Personal challenge)
5.Tantangan Team (Team challenge)
Diperlukan mental positif dan perilaku produktif agar bertanggungjawab dan memperhatikan pekerjaan dengan sepenuh hati. Taat pada komitmen dan patuh pada tujuan adalah langkah yang baik untuk menjalankan setiap fungsi dan perang masing-masing. Keberadaan setiap anggota tim adalah untuk kesuksesan tim dan bukan untuk menggagalkan pencapaian terbaik tim. Jadi persiapkan diri masing-masing dengan kepribadian dan karakter kerja yang hebat agar mampu menjadi individu yang dapat diandalkan dalam tim.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.