Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles Bisnis Pensiun Bisnis Sampingan Entrepreneur info pensiun Investasi Masa Pensiun Masa Persiapan Pensiun Pelatihan Pensiun pembekalan pensiun Pensiun Sejahtera Pensiun Sukses dan Bahagia Persiapan Pensiun Usaha Pensiun

 

Ide Bisnis Untuk Pensiunan Agar Tetap Produktif

Menghadapi masa pensiun dan segera meninggalkan aktivitas kantor yang telah lama digeluti selama puluhan atau belasan tahun tentu akan membuat Anda mulai memikirkan kegiatan baru atau bisnis yang akan Anda jalankan nanti. Ini akan sangat menyenangkan, terlebih jika selama ini Anda belum pernah menjalankan bisnis. Anda bisa menikmati banyak hal dalam menjalankan bisnis setelah pensiun.

Ide Bisnis

Sebagian orang khawatir menghadapi masa pensiun dan bertanya dalam benak anda setelah pensiun ngapain? karena jumlah penghasilan akan menurun. Namun, hal tersebut bisa Anda atasi dengan menjalankan bisnis yang bisa mendukung finansial Anda dan keluarga. Bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai kegiatan untuk mengisi masa pensiun dan sebagai sumber pendapatan baru bagi keluarga sehingga keuangan Anda dan keluarga tetap terjaga sebagaimana biasanya. Jangan hadapi masa pensiun dengan kekhawatiran bahwa nantinya keuangan akan terganggu. Sebab bisnis yang tepat bisa saja menghasilkan sejumlah keuntungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gaji Anda sebagai pekerja kantor.

 

Kelima Bisnis Ini Bisa Dijadikan Pilihan Usaha Setelah Pensiun Dini

Meskipun baru pertama kali, Anda tidak perlu khawatir dan takut mencoba untuk berbisnis. Selama bisnis tersebut direncanakan dengan matang dan bisa Anda kuasai dengan baik maka peluang untuk mencapai kesuksesan akan terbuka lebar. Tidak harus memulai dari skala yang besar dan membutuhkan sejumlah modal yang besar juga, Anda bisa memulainya dari bisnis rumahan yang simpel dan mudah untuk dijalankan. Beberapa ide bisnis di bawah ini bisa dijadikan sebagai pilihan bisnis dalam menjalani masa pensiun Anda.

  • Bisnis Properti

Bisnis di bidang properti bisa dijadikan sebagai sebuah pilihan yang tepat, terutama jika Anda menerima sejumlah tunjangan pensiun yang cukup besar dan dibayarkan sekaligus oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Sejumlah dana pensiun tersebut bisa Anda alokasikan untuk bisnis ini. Sebab bisnis ini akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang cukup besar. Namun, hal tersebut tentu akan sebanding dengan nilai investasi serta keuntungan yang didapatkan. Nilai investasi dalam bentuk properti akan selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Bisnis Properti

Bisnis Properti

Anda bisa memulai bisnis properti ini dengan cara menyediakan rumah sewa/kontrakan/kos-kosan. Pilihlah lokasi yang tepat, semisal dekat sekolah, kampus, area perkantoran, atau pabrik. Pemilihan lokasi yang tepat akan memudahkan Anda menemukan peminat/calon penghuni yang akan menjadi pelanggan Anda.

Jika membeli sebidang lahan terlalu memberatkan, Anda bisa memanfaatkan sebagian rumah Anda untuk disewakan. Terlebih jika Anda memiliki rumah yang terbilang besar. Lakukan perombakan untuk menghasilkan beberapa kamar yang bisa disewakan. Atau Anda bisa membuat paviliun kecil yang pintunya terpisah dari rumah utama.

 

  • Bisnis Rental

Anda juga bisa memilih bisnis rental sebagai peluang usaha pada masa pensiun. Ini tidak membutuhkan modal yang besar karena Anda bisa saja merentalkan kendaraan milik Anda sendiri. Misalnya, mobil Anda yang biasanya digunakan untuk pulang pergi ke kantor, bisa difungsikan sebagai mobil rental setelah Anda pensiun.

Bisnis Rental atau Sewa

Bisnis Rental

Bukan hanya mobil saja, ada banyak jenis-jenis barang yang bisa Anda rentalkan, seperti buku, sepeda, sepeda motor, komputer/laptop, dan berbagai kebutuhan lainnya yang memungkinkan untuk dirental.

 

  • Bisnis yang Sesuai dengan Hobi

Anda tentu memiliki hobi yang begitu Anda gandrungi sepanjang waktu. Biasanya Anda akan sangat senang untuk melakukannya setiap kali ada kesempatan. Hobi inilah yang akan sangat menyenangkan untuk dijalani pada masa pensiun, terutama jika bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis yang menghasilkan sejumlah uang.

Hobi Menjadi Bisnis

Hobi dan Bisnis

Ketahui hobi Anda kemudian cari tahu caranya agar hobi Anda bisa menghasilkan uang. Dengan menciptakan peluang bisnis lewat hobi, tentunya Anda bisa menjalankannya dengan mudah dan menyenangkan. Apalagi jika dikelola dengan tepat, bisa saja hobi tersebut menghasilkan sejumlah pendapatan yang besar bagi Anda.

 

  • Bisnis yang Sesuai dengan Keahlian

Bukan hanya hobi saja yang bisa dijadikan peluang bisnis, keahlian yang Anda miliki juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan pada masa pensiun. Setelah masa pensiun tiba, Anda tetap bisa bekerja sesuai dengan profesi yang selama ini digeluti. Bedanya, Anda hanya berada dalam situasi yang tidak sama seperti sebelumnya.

Bisnis Sesuai Keahlian

Bisnis dengan Keahlian

Jika dahulu Anda berprofesi sebagai seorang ahli mekanik di sebuah perusahaan, setelah masa pensiun, Anda bisa membuka bengkel yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Atau Anda juga bisa membuka tempat les mekanik bagi orang-orang yang berminat di bidang tersebut.

 

  • Bisnis Toko Kelontong

Membuka toko kelontong pada masa pensiun juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan, terutama jika bisa menemukan lokasi yang tepat dan ramai. Anda bisa saja memulai bisnis ini di rumah dengan memanfaatkan sebagian ruangan depan atau membuat tambahan bangunan baru di rumah Anda. Namun, jika merasa lokasinya kurang strategis, Anda bisa membuka sebuah toko atau kios di lokasi yang menurut Anda tepat dan memiliki banyak pengunjung.

Toko Kelontong

Toko Kelontong

Toko kelontong memiliki peluang bisnis yang sangat bagus, bahkan bisnis ini hampir tidak mungkin mengalami kerugian. Sebab akan selalu banyak orang yang mencari berbagai kebutuhan pokok setiap harinya. Jadi, sangat tepat jika Anda menjadikan bisnis ini sebagai pilihan sumber penghasilan saat pensiun.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.