Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Persiapan Pensiun

 
outbound bersama LPSK 9
Ketika Anda pensiun, itulah saat ketika Anda bisa menikmati hasil kerja bertahun-tahun.
Masa pensiun juga merupakan saat yang tepat untuk mencoba hal-hal baru yang belum sempat dilakukan semasa muda karena kesibukan kerja. Anda bisa pula menghabiskan waktu bersama teman dan orang-orang terdekat yang dicintai. Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri, Anda juga akan dihantui ketakutan jika suatu saat uang tunjangan pensiun habis. Jika sudah demikian, masalah serius tinggal menunggu waktu untuk terjadi. Guna menghindari hal itu, ada baiknya tetap aktif melakukan sejumlah aktivitas yang berpotensi mendatangkan penghasilan tambahan. Berikut ini 10 jenis pekerjaan yang cocok untuk digeluti saat pensiun:  

1. Menjual barang-barang antik

Cobalah menjual barang-barang antik yang tidak terlalu memiliki nilai bagi Anda, tetapi punya kemungkinan besar punya manfaat bagi orang lain. Tentukan secara bertahap dan perlahan barang apa saja yang bisa dijual. Dengan begitu, Anda akan mengetahui barang mana yang punya nilai jual lebih dan banyak dicari orang lain.  

2. Menerbitkan buku

Kalau Anda gemar menulis dan tulisan tersebut tercecer di sejumlah tempat seperti di lembaran-lembaran kertas, blog, maupun media sosial, saat pensiun adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan tulisan-tulisan tersebut dan dijadikan buku. Semua pengalaman selama Anda bekerja bisa dijadikan sebagai ide tulisan. Besar kemungkinan, saat tidak aktif lagi bekerja, Anda justru bisa menjadi penulis dan menghasilkan buku laris dan inspiratif.  

3. Membuka kelas bimbingan

Jika Anda punya satu keahlian khusus yang tertempa selama bertahun-tahun saat bekerja, ketika pensiun, kiranya perlu membagikan keahlian tersebut kepada orang lain. Cara paling sederhana adalah dengan membuka kelas maupun menggelar pelatihan yang bisa diikuti masyarakat luas.  

4. Menjadi juragan indekos

Pendapatan menyewakan kamar indekos akan membuat Anda tidak terlalu risau memikirkan penghasilan tambahan. Dengan menjadi pemilik indekos, Anda bisa mendapat pemasukan bulanan. Anda hanya perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan setiap bulan agar penyewa tetap merasa nyaman.  

5. Menjadi pemandu wisata

Ketika Anda menjadi pemandu wisata, buatlah agar mereka yang memanfaatkan jasa Anda tidak merasa bosan. Anda bisa menceritakan sejarah dari suatu tempat dan pengalaman pribadi Anda ketika berada di suatu tempat. Bisa juga sambil menjual cenderamata yang menjadi ciri khas suatu tempat kepada wisatawan.  

6. Menjual masakan rumahan

Memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan. Hasil kreasi masakan Anda bisa dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal kepada tetangga di sekitar rumah.  

7. Menjadi peneliti saat pensiun

Menjadi seorang peneliti ketika telah pensiun merupakan hal yang menjanjikan. Terutama apabila Anda gemar membaca dan mendengarkan informasi-informasi yang jarang diperbincangkan. Misalnya, Anda bisa menjadi peneliti politik lokal, sejarah kota, maupun ekonomi kerakyatan. Jika bisnis ini berkembang baik, Anda bisa merekrut orang sebagai asisten.  

8. Menjadi penerjemah

Merujuk pada penelitian terbaru, kebutuhan terhadap jasa penerjemah diperkirakan akan meningkat menjadi 46 persen tahun 2022 dan peningkatan tersebut lebih cepat dari jenis pekerjaan lainnya. Guna menyongsong datangnya masa itu, tidak ada waktu yang lebih tepat kecuali sekarang untuk mulai mendalami bidang bahasa dan mempelajari bahasa asing.  

9. Menjadi guru online

Anda bisa menjadi guru online untuk ilmu yang Anda dipahami. Dengan menjadi guru online, Anda tidak perlu repot datang ke kelas dan bertatap muka langsung dengan siswa, tetapi cukup menggunakan fasilitas internet dan menerangkan hal apapun yang Anda kuasai dengan baik. Misalnya, menjadi guru bahasa Inggris online.  

10. Menjadi penulis lepas

Dengan menjadi penulis lepas, Anda bisa mengirimkan hasil tulisan ke media cetak maupun online. Setiap karya yang terbit akan diganjar dengan honor sepadan.***   Editor: Sena Lesmana

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.