ArticlesEntrepreneurshipMasa Persiapan Pensiun

Mau Pensiun Dini, Bingung Usaha Apa Ya?

pensiun
Dalam dunia kerja kita dituntut untuk melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaannya tersebut. Hal ini juga memungkinkan kita untuk memiliki pendapatan / gaji setiap bulannya. Namun bagaimana dengan kondisi jika kita sudah mengalami pensiun dan pendapatan yang tidak berubah hanya begitu saja maka tingkat kejenuhan yang kita alami akan jauh lebih cepat atau menginginkan untuk segera pensiun dini. Hal ini justru akan membuat suatu kekhawatiran bagi diri kita sendiri serta untuk masa depan keluarga kita. Adapun cara atau strategi yang dapat dibangun untuk menutupi kekhawatiran tersebut yaitu dengan bisnis sampingan.
Bisnis sampingan adalah bisnis yang dijalankan selain dari pekerjaan yang kita jalan kan / di luar kerjaan anda yang utama. Biasa nya bisnis sampingan dilakukan secara perorangan. Membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilan kerap dilakukan ketika kerjaan utama yang dilakoni oleh seseorang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi, ada kalanya penghasilan bisnis sampingan lebih besar dari pada pekerjaan pokok anda, meskipun hasil tersebut diperoleh pada kurun waktu tertentu saja.
Dengan memiliki bisnis sampingan, seorang pensiunan tidak akan mengalami kesulitan finansial dalam menjalani hidup di hari-hari tua. Yang perlu diperhatikan bahwa bisnis sampingan untuk pensiunan adalah bisnis yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Apa saja bisnis sampingan yang boleh dipertimbangkan? Simak 15 bisnis sampingan yang dapat dilakukan di bawah ini:
 
  1. Franchise (Bisnis Waralaba)
Salah satu bisnis sampingan pensiunan adalah bisnis warabala. Sebuah bisnis yang dijalankan dengan sistem waralaba dapat dikatakan menjadi sebuah pilihan bisnis sampingan yang tepat karena sistem kerja ini tidak memakan banyak waktu.
Selain dapat diawali dengan modal yang tidak terlalu besar, jenis bisnis tersebut tidak mengharuskan kita menjalankan bisnis tersebut setiap saat. Karena biasanya sistem bisnis tersebut sudah menggunakan seorang pegawai yang akan menjalankan bisnis tersebut, sedangkan kita hanya tinggal mengontrol dan mengatur bisnis tersebut.
Bisnis ini lebih condong ke arah makanan cepat saji, seperti minuman coklat, burger, pizza, es teh segar dan lain sebagainya. Jarang sekali atau bahkan tidak ada bisnis waralaba yang menjual barang-barang awet atau tahan lama. Di zaman sekarang bisnis seperti ini banyak digemari oleh mereka yang mempunyai modal, karena selain menguntungkan, mereka tidak perlu kerja keras serta tidak hanya 1 atau 2 saja, tapi bisa sampai 5 bisnis, tergantung kekuatan modal.
 
  1. Toko Keperluan Sehari-hari (Kelontong)
Bisnis selanjutnya yang cocok bagi para pensiunan adalah membuka toko kelontong atau toko yang menjual keperluan sehari-hari. Bisnis sampingan ini adalah bisnis yang mudah dan bisa dijalankan sendiri. Selain mudah di jalankan, bisnis ini memiliki risiko yang kecil dan jarang sekali toko kelontong yang rugi.
Anda bisa memulai bisnis toko kelontong kecil-kecilan dengan menjual kebutuhan pokok seperti sembako. Selanjutnya Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut secara perlahan dan menambah jenis barang yang di jual.
 
  1. Tempat Kos-kosan
Bisnis sampingan berikutnya yang cocok bagi pensiunan adalah membuka tempat kos-kosan. Bisnis ini tidak berat, bisa dijalankan sendiri, bahkan bisa dibarengi dengan bisnis lain, seperti toko kelontong.
Bisnis kos-kosan hanya membutuhkan modal besar untuk membuat kamar-kamar. Bisnis ini cukup bagus prospeknya apalagi bisnis kos-kosan dekat sekolah SMA dan kampus, tentu akan sangat laris dengan harga yang bersaing. Dimanapun sekolah SMA atau pun kampus, biasanya selalu ada yang mencari tempat kos-kosan.
 
  1. Jualan Pulsa
Bisnis membuka counter atau jualan pulsa ini modalnya sesuai kondisi keuangan, jika belum punya modal, jualan pulsa dapat juga dilakukan lewat handphone pribadi saja di rumah.
Jika mempunyai modal yang cukup dan rumah berada di dekat jalan raya, Anda dapat juga mendirikan counter yang tidak hanya menyediakan pulsa saja, tapi juga dilengkapi dengan aksesoris handphone, perdana dan lain sebagainya. Bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan dan bisa dijalankan sendiri.
 
  1. Sarana Transportasi
Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti bisnis lainnya, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja. Contoh bisnis sarana transportasi misalnya jasa antar jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda maupun bus.
 
  1. Menulis Blog atau Buku
Jika Anda adalah salah seorang yang senang menulis, maka bisnis sampingan untuk para pensiunan yang satu ini sangat baik untuk dilakukan. Anda dapat menulis artikel atau blog dimana Anda dapat memperoleh keuntungan dengan jumlah pengunjung dan iklan yang akan dipasang di blog Anda.
Bukan tidak mungkin Anda juga dapat menerbitkan buku dimana Anda dapat memperoleh hasil keuntungan dari penjualan buku tersebut seumur hidup. Modal untuk menulis sangatlah kecil, Anda hanya membutuhkan komputer atau laptop dan internet untuk dapat mulai menulis.
 
  1. Tempat Bimbingan Belajar
Bisnis berikutnya yang cocok bagi para pensiunan, khususnya yang dulu pernah menjadi guru, adalah membuka bimbingan belajar. Bimbingan belajar ini bisa jadi pekerjaan yang mengasyikkan bagi para guru, juga sebagai obat kerinduan mereka ketika mengajar dulu.
Anda juga dapat mempekerjakan orang lain yang ingin mendapat penghasilan tambahan jika Anda sudah tidak dapat mengajar semua murid yang ada sendirian.
Bimbingan belajar ini tidak banyak mengeluarkan modal, hanya beli papan tulis, spidol, alat tulis lain dan tempat. Khusus tempat bisa dilakukan di rumah sendiri, jika serasa perlu ruangan bisa membuat ruangan sendiri khusus bimbingan.
Bimbingan belajar ini biasanya disukai banyak anak sekolah sebagai tempat untuk belajar bersama dan para orangtua yang ingin anaknya mendapatkan nilai yang lebih baik.
 
  1. Rental (Persewaan)
Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan. Tanpa harus kehilangan benda, kita tetap bisa mendapatkan penghasilan. Jika memiliki sesuatu yang tidak terpakai secara rutin yang bisa digunakan tidak ada salahnya untuk menyewakannya. Sebagai contoh seperti sepeda motor dan mobil, AC, genset dan lain sebagainya.
Dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup banyak, tidak semua orang memiliki perlengkapan lengkap sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa karena jauh lebih murah dari pada membeli sendiri. Tapi bisnis ini harus benar-benar memiliki suatu cara yang dapat menjaga keamanan barang yang kita sewakan, karena bisa saja barang tersebut dibawa kabur atau dijual. Misal dengan menitipkan kartu tanda pengenal dan uang jaminan atau cara lainnya.
 
  1. Reseller Barang Jadi
Menjadi reseller atau penjual eceran adalah salah satu pilihan bagus. Ini merupakan salah satu ide bisnis yang dapat dijalankan ketika pensiun. Caranya cukup mudah. Anda hanya mencari penjual barang yang dapat Anda jual kembali, misalnya penjual tas atau pakaian, dan membuat perjanjian bisnis dengannya.
Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, hanya modal marketing saja. Bisnis ini memiliki risiko yang cukup rendah karena Anda dapat menawarkan pada siapapun dan dimanapun barang jualan Anda tanpa harus membawa barang tersebut terlebih dahulu, sehingga tidak akan ada barang yang menumpuk.
 
  1. Properti
Bisnis sampingan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bisnis di bidang properti. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang dan Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja. Investasi properti pada umumnnya tidak ada kerugiannya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun.
Anda dapat menjual kembali properti yang Anda miliki untuk membeli properti lainnya dan mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jualnya. Atau properti Anda miliki dapat Anda gunakan untuk bisnis yang menghasilkan, seperti bisnis kontrakan atau guest house, bisnis kos-kosan, lahan yang Anda punya bisa dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.
 
  1. Tempat atau Taman Bacaan
Bisnis sampingan ini dapat menjadi bisnis bagi Anda yang mempunyai hobi membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak. Anda dapat mendirikan tempat atau taman bacaan, dimana orang yang datang dapat bermain, belajar dan membaca buku disana. Anda dapat menyewakannya tempatnya bagi siapa saja yang datang kesana.
Bisnis ini dapat Anda jalankan sendiri karena bisa saja tempat atau taman bacaan ini sekaligus merupakan tempat tinggal Anda. Atau Anda dapat memperkerjakan seseorang untuk menjaga taman bacaan ini.
 
  1. Budidaya Tanaman
Jika memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya mengubah hobi menjadi sesuatu yang menguntungkan. Berkebun merupakan bisnis yang bisa dilakukan setiap saat, bisa dilakukan saat pagi hari atau sore hari, sesuai waktu yang bisa kita lakukan.
Bisnis ini dapat dimulai dengan menanam tanaman hias, seperti tanaman bunga atau tanaman obat, untuk kemudian dijual kepada kolektor tanaman hias atau pembuat obat-obatan herbal.
Bisnis ini memang dapat dikerjakan sendiri, tetapi sebelum mengerjakannya, Anda harus tahu terlebih dahulu cara budidaya yang baik, karena budidaya tanaman hias atau tanaman obat itu akan lebih mudah dijual ketika kualitasnya benar-benar bagus.
 
  1. Budidaya Ternak (Peternakan)
Selain tanaman, ternak juga bisa menjadi alternatif pilihan bisnis sampingan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan membeli anak ayam atau bebek beserta induknya, lalu dijual saat sudah dewasa, atau menjual telurnya saja.
Modal untuk bisnis ternak ini tidak besar. Anda cukup membeli kandang atau membuat kandang sendiri di belakang rumah untuk berternak ayam atau bebek yang tidak banyak jumlahnya. Tetapi jika mempunyai modal yang cukup besar, Anda dapat membuat kandang yang lebih besar untuk berternak lebih banyak. Setelah itu Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan ayam petelur di peternakan tersebut.
Baca Juga: Apa Keuntungan Investasi Ternak Kambing ?
  1. Budidaya Ayam Petelur
Salah satu bisnis sampingan yang juga cocok bagi para pensiunan adalah bisnis ayam petelur. Tetapi untuk memiliki bisnis ayam petelur ini Anda membutuhkan modal yang relatif besar. Biasanya bisnis ini tidak dapat dilakukan sendiri, Anda membutuhkan bantuan orang lain atau Anda dapat memperkerjakan karyawan yang dapat membantu Anda.
Bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan, karena setiap hari ayam akan bertelur, sehingga Anda dapat melakukan penjualan telur setiap hari untuk mendapatkan penghasilan. Banyak orang yang sukses dengan bisnis ayam petelur ini, tapi tidak memungkiri bahwa bisnis ini memiliki risiko. Hewan unggas rawan dengan penyakit atau virus. Seperti di zaman sekarang, seringkali unggas terkena virus flu burung yang membuat semua unggas mati mendadak.
 
  1. Kolam Pemancingan
Memancing merupakan hobi untuk semua umur, tidak hanya orangtua saja. Anak kecil, remaja hingga orangtua juga hobi dengan kegiatan yang satu ini. Kolam pemancingan merupakan tempat favorit bagi beberapa orang, terutama yang memiliki hobi memancing.
Semua orang butuh liburan untuk menghilangkan penat karena aktifitas sehari-hari. Orang-orang tersebut akan mencari kolam pemancingan sebagai sarana rekreasi, apalagi jika di tempat kolam pemancingan tersebut juga disediakan tempat untuk bersantai bagi anggota keluarga lainnya.
Pada umumnya kolam pemancingan akan ramai pada hari libur, seperti libur hari sabtu-minggu dan libur hari raya. Oleh karena itu, bisnis kolam pemancingan menjadi pilihan yang tepat untuk di jadikan bisnis sampingan yang menjanjikan dan memiliki prospek yang baik.
 
Untuk lebih memperdalam pengetahuan Anda tentang bisnis sampingan, PT MULIA VISITAMA INDONESIA (MUVI) akan mengarahkan anda supaya anda tidak salah langkah dalam melakukan bisnis sampingan terutama di masa pensiun atau pensiun dini.
Salah satu program unggulan MUVI di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia adalah Program Entrepreneurship. Melalui program pelatihan kewirausahaan masa persiapan pensiun, MUVI akan mengajarkan anda tentang manfaat dan memberikan panduan bagaimana menciptakan iklim usaha yang kondusif, produktif, accountable, dan manageable serta memberikan panduan bagaimana menyusun dan membuat laporan keuangan yang baik, efektif, dan efisien.
Untuk anda yang memerlukan informasi lebih lanjut tentang pelatihan business treatment masa persiapan pensiun, MUVI mengadakan program pelatihan kewirausahaan selama 3 hari. MUVI berpengalaman menyelenggarakan training MPP di berbagai perusahaan dan lembaga
Hubungi tim marketing MUVI untuk penjelasan dan informasi lebih lanjut pada halaman kontak kami atau chat langsung pada kolom chatting di pojok kanan bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.