Kebiasaan Agar Tetap Sehat di Fase Usia Lanjut

Masa Tua Pensiun Sehat

Di saat muda, kita cenderung tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Seiring bertambahnya usia, sering kali banyak orang menyesali dan berharap mereka dapat lebih memperhatikan kesehatannya semasa muda. Meski tak banyak memikirkan tentang kesehatan, semasa muda setidaknya kita harus secara bijaksana memperhatikan kebiasaan makan dan olahraga sebagai modal menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Semakin lama kita melatih kebiasaan makan dengan sehat dan berolahraga dengan teratur, semakin besar kemungkinan kita akan mengalami fase penuaan dengan sehat. Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan, bahwa makan adalah salah satu kebiasaan yang dapat kita latih secara rutin setiap hari. Itu berarti, setiap jenis makanan akan menyediakan kesempatan untuk memperkuat kebiasaan sehatmu.

Baca Juga: Tips Gaya Hidup Sehat di Masa Pensiun

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut:

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
  2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, untuk deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan gunakan obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
  3. Pengaturan gizi/diet seimbang (makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebutuhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, banyak makan sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral dan serat).
  4. Memelihara kebersihan tubuh secara teratur (mandi dua kali sehari dengan sabun mandi), dan gunakan pakaian, serta alas kaki yang nyaman dan aman.
  5. Memelihara kebersihan gigi dan mulut (menggosok gigi dua kali sehari), apabila menggunakan gigi palsu dilepas dan dibersihkan setiap hari.
  6. Biasakan melakukan aktivitas fisik (berjalan, mencuci, menyapu, dan lainnya.), latihan fisik (senam, berjalan, berenang) sekurangnya 30 menit sehari 3 kali seminggu.
  7. Jauhi asap rokok dan zat adiktif lainnya (tidak merokok, minuman keras, ganja).
  8. Kembangkan hobi sesuai dengan kemampuan.
  9. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.
  10. Terus melakukan kegiatan mengasah otak seperti :bermain catur, mengisi teka-teki silang, membaca buku, menari, bermain musik, bercerita, dan bersosialisasi.

Sumber Referensi:

fimela.com. tetap-sehat-di-usia-senja-berawal-dari-menjaga-kesehatan-sejak-dini.

lifestyle.bisnis.com. 10-cara-menjaga-kesehatan-pada-usia-lanjut.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.