Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

Kapan Masa Persiapan Pensiun (MPP) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diambil oleh pegawai? MPP merupakan periode waktu yang diberikan kepada PNS selama satu tahun menjelang masa pensiun dengan tujuan untuk memberikan waktu dan kesempatan untuk melakukan persiapan menjelang masa pensiun.

Selama  MPP seorang PNS diberikan kebebasan dari tugas dan pekerjaan yang biasanya dilakukan. Prosedur pengajuan MPP biasanya dilakukan enam bulan sebelumnya kemudian ia akan menerima surat tugas yang menyatakan bahwa PNS tersebut bebas dari tugas-tugas dengan tetap menerima haknya berupa gaji pokok beserta untuk tunjangan istri dan anak secara penuh. MPP bersifat pilihan, artinya seorang pegawai bisa mengambil kebijakan MPP atau pun tidak tergantung PNS tersebut.

Pelatihan Pra-Purnabakti Biofarma

Menurut peraturan yang berlaku umum saat ini yang dikeluarkan oleh BKN, batas usia yang sebelumnya 56 tahun sebagai usia pensiun diperpanjang menjadi 58 tahun.  Jadi, untuk pegawai yang akan mengambil MPP, pada usia 56 tahun bisa mengajukan MPP.

Masa Persiapan Pensiun diadakan tentunya dengan pertimbangan agar pegawai yang akan pensiun dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar pada saat masa pensiun datang, pegawai tersebut telah memiliki kesiapan dari berbagai hal. Penghasilan yang menurun, kegiatan pasca pensiun, dan berbagai alternatif lainnya yang bisa menjadi pilihan.

Saat ini, banyak instansi, lembaga dan perusahaan yang secara khusus memfasilitas pegawainya untuk mengikuti pelatihan persiapan pensiun yang bermitra dengan perusahaan konsultan SDM. Hal ini sejalan pula dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku dimana pegawai bekerja mendapatkan bekal menjelang masa purnabakti.

PT Muvi yang merupakan perusahaan dengan bidang garapan konsultan SDM memiliki program pelatihan kewirausahaan masa persiapan pensiun yang bisa diikuti oleh PNS. Dengan model pembelajaran yang komprehensif, pendekatan pembelajaran partisipatif dan kontekstual, Muvi siap membantu penyelenggaraan program pelatihan masa persiapan pensiun. MUVI telah berpengalaman mengadakan pelatihan persiapan pensiun di berbagai instansi dan lembaga pemerintah dan swasta nasional lebih dari tujuh tahun.

Dapatkan informasi detail program lebih lengkap mengenai pelatihan masa persiapan pensiun ini dengan menghubungi marketing officer kami.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 7, 2016

About

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.