Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

Lanjutan artikel tanggal 25 Oktober 2016

Dokumentasi Team Building / Capacity Building MUVI

Dokumentasi Team Building / Capacity Building MUVI

Artikel ini menunjukkan kepada anda apa yang harus dipertimbangkan ketika anda merencanakan untuk Membangun Tim (Team Building) ataupun memperbaiki tim yang sudah ada. Kami menawarkan berbagai latihan untuk mengatasi berbagai masalah yang biasa dihadapi oleh sebuah tim.

Langkah yang paling penting ketika merencanakan kegiatan Team Building adalah : anda harus mulai dengan mencari tahu apa tantangan masa depan tim anda. Maka anda dapat memilih pelatihan yang efektif dalam membantu mereka bekerja melalui isu-isu terkini.

Luangkan waktu untuk memikirkan tentang kekuatan dan kelemahan tim anda. Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengidentifikasi akar masalah:
• Apakah ada konflik antara orang-orang tertentu yang menciptakan perpecahan dalam tim?
• Apakah anggota tim perlu untuk mengenal satu sama lain?
• Apakah beberapa anggota tim fokus pada kesuksesan mereka sendiri, dan merugikan kelompok sebagai hasilnya?
• Apakah komunikasi yang buruk memperlambat kemajuan tim?
• Apakah orang-orang perlu belajar bagaimana bekerja sama, bukan secara individual?
• Beberapa anggota resisten terhadap perubahan, dan hal ini mempengaruhi kemampuan tim untuk bergerak maju?
• Apakah anggota tim perlu dorongan untuk semangat mereka?

Setelah anda mengidentifikasi penyebab masalah tim anda, anda dapat merencanakan pelatihan yang akan mengatasi masalah ini. Ini akan membantu tim anda untuk mendapatkan manfaat nyata dari kegiatan tersebut dan merasa bahwa itu bernilai untuk mereka.

Jika anda mengikuti pelatihan Team Building bersama MUVI, maka segala permasalahan atas pertanyaan-pertanyaan diatas dapat kami berikan solusinya dengan cara kami yang berbeda. Kami kemas kegiatan Team Building dengan ringan, menarik, berkesan dan pastinya peserta mendapatkan pelajaran yang berharga dari pelatihan ini.
Jika anda adalah seorang pelari maraton, apakah anda akan melatih hanya beberapa kali setahun untuk lomba berikutnya? Tentu saja tidak. anda akan menjalankan latihan hampir setiap hari. Mengapa? Karena hanya melalui pelatihan yang berkesinambungan anda akan memiliki kesempatan untuk menang.

Team building bekerja pada prinsip yang sama. Kebanyakan manajer merencanakan satu atau dua kejadian per tahun, dan hanya itu. Jarang ada pelatihan reguler atau tindak lanjut, dan ini dapat menahan sukses jangka panjang tim anda. Membangun tim yang efektif perlu terjadi terus menerus jika anda ingin tim anda menjadi sukses. Ini perlu menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Jika anda memimpin sebuah tim, kami sarankan untuk menggabungkan kegiatan Team Building dalam rutinitas mingguan atau bulanan anda. Hal ini akan membantu setiap orang mengatasi masalah yang berbeda, dan itu akan memberi mereka kesempatan untuk bersenang-senang sambil belajar untuk saling percaya lebih dari hanya sekali atau dua kali setahun.

Banyak perusahaan menggunakan olahraga untuk kegiatan Team Building. Ya, tenis meja dan sepak bola bisa menyenangkan, dan beberapa orang akan menikmatinya. Tapi kegiatan ini dapat menjadi hal negatif jika mereka fokus hanya pada bersaingnya saja, dan mereka benar-benar dapat melemahkan motivasi orang-orang yang tidak terlalu baik di olahraga ini. Merencanakan kegiatan Team Building yang membuat orang benar-benar saling bergantung pada orang lain untuk sukses, itu jauh lebih baik untuk meraih kemenangan.

Poin kunci
Untuk membangun tim menjadi efektif, pemimpin harus terlebih dahulu mengidentifikasi isu-isu yang dihadapi oleh sebuah tim. Kemudian mereka dapat merencanakan kegiatan untuk mengatasi tantangan ini langsung dan memastikan bahwa tim benar-benar akan mendapatkan beberapa manfaat dari kegiatan tersebut. Menjaga kompetisi dari latihan, dan bertujuan untuk membuat Team Building bagian dari budaya perusahaan yang dilakukan setiap hari, bukan kegiatan sesekali atau tahunan.

Terimkasih (Arts)

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.