Bisakah Kehidupan di Usia Pensiun Lebih Menyenangkan

Masa Persiapan Pensiun (MPP)

Peristiwa pensiun menjadikan Anda untuk belajar kembali menata rutinitas baru. Sebagian besar dari rutinitas lama Anda akan hilang, dan waktu yang pernah diisi dengan rutinitas yang lama harus Anda ganti segera dengan rutinitas yang baru. Jadi, inti dari peristiwa pensiun adalah mengisi waktu produktif yang hilang dengan kegiatan produktif yang baru. Hal terpenting yang harus Anda fokuskan di hari pensiun adalah untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup Anda.

Setelah pensiun bukan berarti Anda duduk di rumah dan menghabiskan waktu di depan TV. Peristiwa pensiun hanyalah sebuah titik perubahan akibat Anda harus berhenti dari pekerjaan yang sudah sangat lama Anda tekuni. Anda harus sadar, sebenarnya, kehidupan dimulai lagi setelah yang disebut pensiun. Oleh karena itu, Anda tidak boleh takut atau khawatir terhadap pensiun Anda. Anda harus yakin bahwa Tuhan pasti menjaga Anda di sepanjang kehidupan Anda setelah pensiun. Anda harus sadar dan yakin bahwa walau usia akan semakin lanjut, Anda harus hidup penuh semangat dan rendah hati agar bisa melayani kehidupan dengan ikhlas dan penuh cinta. Masa pensiun adalah saatnya Anda mengisi waktu dengan melayani kehidupan tanpa pamrih dari diri sejati Anda yang paling jujur. 

Masa pensiun adalah saatnya Anda membangun kembali impian dan hubungan yang terlupakan. Mulailah semuanya dengan rendah hati dan jangan terlalu berambisi. Mulailah semuanya dengan rasa syukur dan terima kasih secara terus-menerus kepada Tuhan. Ingat, hanya Tuhan tujuan hidup yang sebenarnya, hanya Tuhan yang memiliki sumber kebahagiaan. Jadi, jangan pernah mengabaikan kehendak Tuhan di sepanjang jalan hidup yang Anda pilih di masa pensiun Anda. Hak manusia hanya untuk berproses dan melakukan sebaik mungkin, dan hak Tuhan untuk menentukan hasil akhir sesuai kehendaknya. Oleh karena itu, kekuatan ikhlas haruslah menjadi mindset yang tertanam kuat di dalam fondasi diri kita.

Perhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Usia pensiun berarti usia sudah tidak muda lagi, pastinya metabolisme tubuh pun akan melambat dan mungkin ada gangguan. Jadi, fokuskan untuk merawat diri dengan olah raga dan pola makan yang sesuai usia Anda. Fokuskan semangat hidup untuk tumbuh dan menjadi lebih mandiri di hari pensiun Anda.  Kehidupan setelah pensiun membutuhkan lebih banyak keberanian dan toleransi untuk menghadapi saat-saat sensitif dan realitas yang selalu berubah. Oleh karena itu, Anda harus fokus membangun fisik, mental, emosional, dan jiwa yang tetap positif dan aktif pasca pensiun agar dapat unggul dalam perlombaan hidup yang dinamis.

Baca Juga: 5 Motivasi Persiapan Masa Pensiun

Jangan pernah menyalahkan siapapun atas peristiwa-peristiwa yang Anda alami pasca pensiun. Anda harus menjadi lebih tenang, lebih hati-hati, dan memilih jalan sesuai hati nurani Anda. Tujuan hidup Anda pasca pensiun haruslah sesuai panggilan hati Anda, bukan karena bisikan orang lain. Berbahagialah dan bersyukurlah dengan pensiun Anda. Yakinkan diri Anda dan tanamkan kepercayaan di mental Anda bahwa dalam segala kondisi Tuhan pasti menjaga kita. Jadi, kalau Tuhan sudah menjaga kita, maka tugas kita adalah bekerja dan melayani segala sesuatu dengan jujur, rendah hati, ikhlas, dan penuh kasih. Adapun hal-hal yang bisa dilakukan agar kehidupan di masa pensiun lebih menyenangkan yaitu:

  1. Melakukan Perjalanan

Banyak pensiunan menggunakan waktu yang mereka miliki untuk mengujungi semua tempat traveling atau ke tempat yang membuat hidup menjadi menyenangkan., pergi menuju pantai atau berkemah akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak terlupakan.

  1. Pindah Ke Suatu Tempat Yang Anda Inginkan

Pindah ke suatu tempat yang menarik dan lebih indah akan sangat menyenangkan untuk dilakukan selama masa pensiun., Apalagi saat anda menemukan tempat yang menawarkan standar hidup yang jauh lebih rendah, atau menawarkan keamanan yang lebih baik, atau terdapat iklim yang menarik disana.

  1. Mempelajari Keterampilan Yang Baru

Belajar tidak dibatasi dengan usia seseorangz, Anda tetap bisa mempelajari keterampilan baru setelah masuk usia pensiun.,Mulailah untuk mempelajari cara membuat kerajinan, belajar bahasa asing, melukis , atau keterampilan lainnya yang anda sukai. Mungkin saja Anda ingin melakukan sesuatu yang menarik tetapi tidak memiliki banyak waktu, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan semua itu.Mempelajari keterampilan baru bisa mengisi waktu luang Anda dengan aktivitas yang bermanfaat dan bisa membuat otak tetap bekerja dengan baik.

  1. Menekuni Hobi Baru

Pensiunan seringkali merasa gelisah dan bosan karena mereka tidak harus bekerja lagi. Aktivitas bekerja bisa digantikan dengan menekuni hobi baru yang membuat hidup menjadi jauh lebih memuaskan.

  1. Tetap Aktif

Meskipun Anda memutuskan untuk tidak bekerja setelah pensiun, pastikan kehidupan Anda tetap aktif.Tetap aktif seperti melakukan hal-hal yang Anda sukai, tetap terhubung dengan teman dan keluarga, dan lain sebagainya.Namun, hal yang paling penting agar masa pensiun Anda bahagia dan bisa mewujudkan semua impian seperti pergi ke negara yang berbeda atau pindah ke tempat yang diinginkan, Anda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk menghadapinya., Semakin dini Anda mempersiapkan dana pensiun, maka akan semakin besar juga manfaat pensiun yang bisa didapatkan.Jangan hanya mengandalkan uang pensiun dari perusahaan atau instansi saja, Anda juga perlu berinvestasi untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa digunakan untuk mempersiapkan dana pensiun, misalnya saja dengan membeli saham atau reksadana saham yang terbukti memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang.Namun, jika Anda takut dengan resiko tinggi, maka Anda bisa mencari pilihan investasi yang lain.

     Masa pensiun bukan berarti tak lagi aktif. Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat pensiun, dan yang perlu kita lakukan adalah merencanakan dan mewujudkannya. Percayalah, usia pensiun juga dapat menjadi usia yang menyenangkan dalam hidup kita.

Sumber:

koinworks. menghadapi-masa-pensiun

djajendra-motivator. Pensiun adalah awal dari kehidupan baru.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.