Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Bisnis Pensiun Bisnis Sampingan Investasi Masa Pensiun Pengusaha Pensiun Sukses dan Bahagia Persiapan Pensiun Usaha Pensiun

 
Pelatihan beternak
Kampung halaman adalah tempat kembali saat suasana perkotaan terasa mulai melelahkan. Pedesaan dapat menjadi alternatif tempat yang dapat dituju saat memasuki usia pensiun. Beternak dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat digeluti.
Bagi yang belum memasuki masa pensiun, kota memang merupakan tempat untuk mereka yang ingin bertaruh dan memperbaiki kehidupannya, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Hal itu sangatlah lumrah karena para perantau yang bergelut di kota tak jarang meraih sukses. Ketika kembali ke kampung halamannya, mereka akan membagikan pengalaman dan bisa memantik semangat orang-orang di sana. Namun, didera ingar-bingar kota dan bertarung melawan waktu setiap hari tak dimungkiri akan membuat jengah. Bagi Anda yang sudah purnabakti dan berniat menjaga jarak dengan kebisingan dan kesemerawutan kota, Anda bisa kembali ke kampung halaman sekaligus memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di kampung halaman, Anda bisa serius beternak. Waktu luang yang melimpah saat pensiun menjadi kelebihan karena Anda dapat lebih mencurahkan perhatian mengurus peternakan. Berinterakasi dengan binatang juga dapat membuat Anda aktif bergerak dan menjaga kemampuan kognitif. Jika beternak adalah pilihan kegiatan Anda saat pensiun kelak, berikut ini beberapa ide usaha peternakan potensial yang bisa dilakukan di pedesaan.  

Ternak semut rangrang

Beternak semut dengan membangun sarangnya di dalam bangunan semipermanen bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Anda perlu mempersiapkan koloni semut awal dengan mengambilnya dari alam. Setelah itu, tempatkan di dalam rak-rak di bangunan semipermanen yang terjaga kelembabannya. Dalam waktu beberapa bulan, Anda akan punya koloni semut yang cukup menghasilkan kroto atau larva semut. Kroto itulah yang bisa dijual untuk pebutuhan pakan hewan peliharaan seperti burung dan unggas lainnya.  

Ternak sapi

Mencoba beternak sapi di desa sangatlah cocok. Selain wilayahnya yang masih memiliki jalanan yang luas dan sedikit perumahan, di desa juga masih tersedia banyak rumput untuk pakan sapi sehari-hari. Jenis sapi yang bisa dikembangbiakkan yaitu sapi pesusu maupun pedaging. Walaupun Anda harus mengeluarkan modal yang cukup mahal pada awalnya, keuntungan dari penjualan sapi ternyata sangatlah besar. Permintaan pasar terhadap daging sapi tak pernah surut sepanjang tahun.  

Ternak kambing

Sama halnya dengan beternak sapi, beternak kambing di desa merupakan suatu hal yang menguntungkan. Sebab, di pedesaan masih terdapat banyak rumput sebagai bahan makanan utamanya. Selain itu, Anda juga tidak perlu risau dalam mencari area untuk keperluan kandang kambing. Beberapa di jenis kambing yang bisa dibudidayakan di antaranya yaitu kambing kosta, kambing muara, kambing peranakan etawa. Perawatan kambing cukup mudah. Untuk urusan jenis makanan, kambing tak pilih-pilih. Kambing juga cepat berbiak, biasanya dalam setahun bisa 2 kali melahirkan). Di luar musim kurban, harga 1 kambing berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta bergantung jenis dan bobotnya.  

Ternak ayam

Jika Anda hendak beternak ayam, alangkah lebih baik jika Anda juga membuka sendiri usaha untuk menjual ayam yang telah dipotong dan segala macam olahannya, alih-alih mengirimnya ke pengepul dalam kondisi hidup. Dengan begitu, nilai jualnya akan lebih tinggi.  

Ternak ikan lele

Anda bisa beternak lele dengan modal yang tidak terlalu besar dan lahan yang terbatas. Beternak ikan lele membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Anda bisa memulainya dengan terlebih dahulu menyiapkan tempat berupa kolam beralas terpal ataupun semen. Bibit ikan lele bisa dibeli di balai benih ikan setempat. Dengan tekun memberi pakan dan melakukan perawatan kolam, Anda bisa melakukan panen secara rutin untuk memenuhi permintaan pasar yang tidak pernah mengenal musim.***   Editor: Sena Lesmana

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

About

Lakukan kebiasaan baik untuk menjadi lebih baik, Begin...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.