Call Us 62 22 86617757 | muvi@muvigroup.com
 Categories : Articles

 

SONY DSC

Apakah Karyawan Bisa Mendapatkan Uang Pensiun?

Apa dana pensiun? Apakah setiap pekerja bisa mendapatkan nya ? Uang pensiun adalah uang pembiayaan setiap pekerja setelah ia memasuki masa pensiun atau sudah tidak mampu lagi untuk bekerja karena usianya sudah lanjut. Pensiun biasa nya ada pada kemauan sendiri atau memang sudah saat nya masa ia bekerja sudah habis.

Karena merupakan bagian dari kewajaran, maka pensiun bisa di bilang sebagai proses dari kita memulai kehidupan baru, meski demikian ada beberapa hak yang bisa kita dapatkan setelah kita pensiun dan biasa nya hak hak itu sudah di cantumkan lewat beberapa peraturan.

Berikut beberapa peraturan yang mencakup hak hak pensiun karyawan di Indonesia yang tercantum di kitab hukum Indonesia.

 

Menurut Undang Undang no 11 thn 1969

Undang Undang ini mengatur tentang jaminan hari tua pegawai negri sipil sekaligus jumlah santunan kematian yang akan di bayarkan kepada keluarga mereka yang bersangkutan.Demikian anggota militir atau pegawai negri sipil akan mendapatkan tunjangan hari tua yang akan di berikan sebesar 2,5 persen dari 80 persen dari jumlah gaji terakir.

Undang Undang no 3 tahun 1992

Undang Undang ini mengatur jaminan sosial ketenagakerjaan dan biasa nya di kelola oleh jamsostek melalui mekanisme tabungan anda. aturan hak ini tercantum juga di pasal 14 UU no 3 Tahun 1992 yang menyatakan jaminan hari tua harus dibayarkan secara berkala atau sekaligus apa bila karyawan sudah berusia 55 tahun.

Pensiun atau berhenti bekerja bukanlah perkara yang mudah jika kita masih banyak tanggungan. Meski demikian ada payung hukum  yang menaungi mekanisme dan hak hak yang bakal di peroleh karyawan.

Ingin tahu bagaimana memanfaatkan waktu di masa pensiun secara produktif ? Ikuti pelatihan kewirausahaan masa persiapan pensiun yang diselenggarakan oleh MUVI. Kami berpengalaman mengadakan training pra pensiun untuk lembaga dan perusahaan baik swasta atau pun pemerintahan.

Materi yang komprehensif dan disampaikan oleh trainer berpengalaman tentunya akan membuka wawasan dan peluang apa saja yang bisa dikerjakan saat pensiun kelak,

Info lebih lanjut hubungi telemarketing kami muvigroup.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 21, 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.