ArticlesMasa Persiapan Pensiun

Apa Fungsi dan Jenis dari Dana Pensiun ?!

Dana Pensiun (Fund Pension)
Dana Pensiun (Pension Funds) adalah sekumpulan aset yang dikelola dan dijalankan oleh suatu lembaga untuk menghasilkan suatu manfaat pensiun yaitu suatu pembayaran berkala yang dibayarkan kepada peserta pada saat dan dengan cara yang ditetapkan dalam ketentuan yang menjadi dasar penyelenggaraan program pensiun dimana pembayaran manfaat tersebut dikaitkan dengan pencapaian usia tertentu.
Dana pensiun menurut UU No. 11 Tahun 1992:
Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Berdasarkan definisi di atas dana pensiun merupakan lembaga atau badan hukum yang mengelola program pensiun yang dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan suatu perusahaan terutama yang telah pensiun.
Selanjutnya pengertian pensiun adalah hak seseorang untuk memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki usia pensiun atau ada sebab-sebab lain sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan.

 

Hakikat Program Pensiun
  • Mengajak masyarakat dan karyawan untuk selalu siap menghadapi masa depan terutama di hari tua (masa pensiun).
  • Mengajak masyarakat dan karyawan untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan yang diperoleh selama masih aktif bekerja ke program pensiun.
  • Membantu mempersiapkan peserta untuk dapat tetap menikmati hidup layak (dimasa pensiun) dengan memperoleh pembayaran manfaat pensiun
 
Fungsi Dana Pensiun
Adapun fungsi dana pensiun bagi peserta antara lain:
a. Asuransi, yaitu peserta yang meniggal dunia atau cacat sebelum waktu pensiunnya dapat diberikan uang pertanggung jawaban atas beban bersama dari dana pensiun.
b. Tabungan, yaitu iuran peserta dan iuran pemberi kerja merupakan tabungan untuk dan atas nama peserta dana pensiun itu sendiri. Iuran yang dibayarkan oleh karyawan dapat dilihat setiap bulan sebagai tabungan para pesertanya.
c. Pensiun yaitu seluruh uang himpunan iuran peserta dan iuaran pemberi kerja serta hasil pengelolaannya akan dibayarkan dalam bentuk manfaat pensiun sejak bulan pertama sejak mencapai usia pensiun selama seumur hidup peserta.
Betapa Pentingnya dana pensiun bagi masyarakat, khususnya bagi pegawai pemerintah atau pegawai swasta dalam menghadapi masa tua.kondisi ini membuat pemerintah sangat betul-betul serius dalam mengatur nya sangat cermat. Dana pensiun yang dihimpun pemerintah pun  mengalami peningkatan. Dana pensiun yang dihimpun pemerintah pun mendapat peningkatan pengelola dana pensiun diatur dalam UU no.11 Tahun1992 tentang dana pensiun . Menurut  UU Tersebut Dana pensiun yaitu badan hukum yang mengelola  dan menjalankan program yang memanfaatkan program pensiun.
Dana Pensiun adalah secara khusus di himpun dengan tujuan memberikan manfaat kepada peserta ketika sudah masuk pensiun, cacat atau meninggal dunia. Dari berbagai pengertian diatas  dapat disimpulkan bahwa dihimpun secara khusus  bahwa untuk tujuan memberikan manfaat bagi karyawan  pada saat pensiun, cacat atau meninggal dunia. Adapun tujuan dana pensiun yang sangat strategis berikut ini:
  1. Bagi pemberi kerja yaitu:
a.  Kewajiban moral, Perusahaan memiliki kewajiban moral untuk memberikan rasa aman dan jaminan ketenangan karyawan atas masa depan saat masuk masa pensiun dengan membentuk sendiri  dana pensiun untuk karyawan tersebut
b.  Loyalitas jaminan rasa aman diberikan perusahaan untuk karayawan nya akan meningkatkan loyalitas dan dedikasi kepada perusahaan.
c.  Kompetisi pasar tenaga kerja dengan memasukan program pensiun sebagai bagian dari kompensasi perusahaan nya yg di berikan karyawan nya.
  1. Bagi karyawan, bertujuan untuk:
a.  Rasa aman disaat masa yang akan datang,karyawan mengharapkan rasa aman dengan mendapatkan jaminan dari perusahaan setelah memasuki masa pensiun ,hal ini juga mempengaruhi kinerja saat masih produktif.
b.  konfensasi yang lebih baik,karyawan mempunyai tambahan konfensasi meski baru baru bisa di nikmati pada saat memasuki masa pensiun.
Dana pensiun sangat penting, jika ingin tahu selengkapnya Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan khusus  masa persiapan pensiun  di PT.Mulia Visitama Indonesia,untuk mengikuti pelatihan ini anda dapat menghubungi kami. kami akan memberikan pelatihan-pelatihan yang terbaik untuk anda.

 

Jenis Lembaga Pengelola Dana Pensiun
Dalam Undang-undang dana pensiun, lembaga pengelola dana pensiun dibedakan dalam dua jenis, yaitu Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Pembedaan kedua jenis lembaga pengelola dana pensiun ini didasarkan pada penyelenggaraannya atau pihak yang mendirikan.
  • Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)
Dibentuk oleh orang atau badan yang memperkerjakan karyawan, selaku pendiri, dan untuk menyelenggarakan PPMP atau PPIP bagi kepentingann sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.
  1. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Dibentuk oleh Bank, atau Perusahaan Asuransi Jiwa (PAJ), yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun Pemberi Kerja pesertanya (UU No. 11/1992).

Baca Juga: Pensiunan Karyawan Swasta Kini Mendapat Dana Pensiun

One thought on “Apa Fungsi dan Jenis dari Dana Pensiun ?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.