• muvi@muvigroup.com
  • 022 86617757

7 Langkah Jitu Menghadapi Masa Pensiun

Mastering Pension Program (MPP)

7 Langkah Jitu Menghadapi Masa Pensiun

Ryan Artsamawa / February 18, 2019

Survei yang dilakukan Life Insurance Marketing Research Association (Limra) menunjukkan Ada 49% pensiunan yang kemudian menggantungkan hidup kepada orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% alami kebangkrutan, 5% tetap bekerja, 4% mampu mandiri, dan hanya 1% yang kaya saat pensiun.   Sebagai seorang karyawan, pasti akan tiba waktunya nanti untuk mundur karena umur. Tibalah saatnya untuk pensiun karena produktivitas Anda sudah mulai menurun.   Sayangnya, tidak semua karyawan tahu cara mempersiapkan masa pensiun mereka dengan baik. Tak heran jika persentase pensiunan yang kaya di usia pensiun sangatlah sedikit.   Pesiapan pensiun tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan agar masa pensiun Anda berjalan dengan menyenangkan. Karena itu, praktekan 7 langkah jitu berikut yang bisa membuat Anda siap menghadapi masa pensiun.   Jangan Share tulisan ini, kecuali orang lain layak mendapatkan manfaatnya.  

  1. Tekuni Hobi Anda
Setiap orang rasanya pasti punya hobi atau aktivitas di luar pekerjaan yang disukainya. Ketika menghadapi masa pensiun, coba tekuni lebih serius hobi Anda tersebut. Dalami apa pun yang terkait dengan hobi Anda.   Karena hobi akan menjadi aktivitas positif yang bisa menepis kebosanan akibat tak lagi bekerja. Malahan, bila Anda mampu menjadi ahli dalam hobi tersebut, bukan  mustahil akan menjadi sumber pendapatan baru di masa pensiun.   Yang tidak kalah penting, Anda akan bahagia karena bisa melakukan hobi sekaligus mendapat tambahan penghasilan.  
  1. Hitung Kebutuhan Saat Pensiun
Hal ini cukup penting untuk dipahami Anda yang akan pensiun. Uang yang Anda miliki saat ini nilainya cenderung menurun ketika sudah memasuki masa pensiun nanti.   Jika kebutuhan bulanan Anda saat ini mencapai 10 juta rupiah per bulan, untuk bisa mempertahankan gaya hidup Anda maka setidaknya akan butuh pemasukan lebih dari 10 juta dalam 10-15 tahun mendatang.   Karena itu, hitung lebih cermat kebutuhan Anda ketika memasuki masa pensiun. Jangan memaksakan diri tetap mempertahankan gaya hidup saat ini, karena pasti akan memberatkan kondisi finansial Anda.   Sungguh sebuah masa pensiuan yang tidak nyaman ketika Anda masih dipusingkan dengan pendapatan yang tidak sebanding dengan pengeluaran.  
  1. Pastikan Tidak Ada Cicilan di Masa Pensiun
Poin ini tak kalah penting. Usahakan tidak ada lagi cicilan apa pun ketika Anda sudah memasuki masa pensiun. Terutama cicilan yang cukup berat seperti kredit rumah atau kendaraan.   Ketika Anda masih punya cicilan yang harus dibayar secara rutin, artinya akan mengurangi jumlah pendapatan Anda. Belum lagi Anda akan direpotkan untuk mendatangi ATM atau tempat yang bisa menerima pembayaran cicilan setiap bulannya.   Karena itu, pastikan semua cicilan sudah lunas sebelum Anda pensiun. Agar Anda bisa menikmati masa pensiun dengan lebih tenang dan nyaman.  
  1. Siapkan Usaha Sampingan
Mempunyai usaha sampingan juga menjadi salah satu jurus jitu untuk menghadapi masa pensiun. Rintis usaha sampingan Anda sejak masih aktif di kantor.   Ibarat sekoci, usaha ini akan menyelamatkan hidup Anda ketika penghasilan sudah berkurang karena pensiun.   Tapi ingat, selama Anda masih aktif bekerja tetap bersikap profesional. Usaha yang Anda siapkan harus ditangani oleh orang lain. Bisa oleh istri atau orang kepercayaan Anda.   Ketika tiba saatnya pensiun, barulah fokus untuk terus mengembangkan usaha yang akan menjadi sumber pendapatan baru Anda.  
  1. Jaga Kesehatan dengan Rajin Berolahraga
Masa pensiun umumnya rentan dengan masalah kesehatan. Maklum, semakin bertambah umur maka kondisi fisik pun pasti menurun. Karena itu upayakan kebugaran Anda tetap terjaga sejak masih aktif bekerja.   Jangan mulai rajin berolahraga ketika sudah pensiun. Tapi sudah mulai membiasakan diri ketika masih berstatus karyawan. Sehingga Anda akan punya pola hidup sehat dan bugar saat mulai pensiun.   Jika sekarang ini Anda merasa belum memiliki pola hidup sehat, silakan pelajari Panduan menjalani pola hidup sehat dengan cara cerdik.  
  1. Rajin Beli Buku
Bukan hanya badan yang harus Anda jaga kebugarannya, otak pun harus dirawat dengan baik. Sehingga Anda tidak mengalami pikun atau bahkan penyakit Alzheimer yang memang kerap menghinggapi para lansia. Bagaimana caranya?   Cukup rajin membeli buku saat masih aktif bekerja. Buku tidak mengenal kedaluarsa, sehingga bisa tetap dibaca meski sudah bertahun-tahun tersimpan di dalam lemari buku.   Membaca buku selain menambah pengetahuan juga bisa membuat otak tetap aktif dan menghindarkan Anda dari kepikunan.  
  1. Mengikuti Pelatihan Persiapan Pensiun
Salah satu pelatihan yang harus anda ikuti adalah pelatihan Persiapan Pensiun. Kenapa? Anda akan mempelajari bagaimana mempersiapkan diri baik secara Fisik, Mental maupun Financial dalam menghadapai masa pensiun.   Saya sarankan Anda mengikuti pelatihan Persiapan Pensiun yang diselenggarakan oleh MUVI Your Success Partner yang telah berpengalaman dalam pelatihan ini baik dilingkungan swasta maupun pemerintahan.   Anda akan belajar selama 3 hari dengan pemateri terbaik agar mencapai pensiun Kaya dan Bahagia. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang Pelatihan Persiapan Pensiun silahkan hubungi Ryan di 0818-0610-2592   Umur yang menua memang tidak bisa ditolak. Karena itu mutlak dilakukan persiapan sejak dini untuk menghadapi masa pensiun.   Tidak lagi menunggu ketika masa pensiun hanya tinggal 1-2 tahun lagi. Semakin cepat Anda menyiapkan masa pensiun, semakin nyaman hidup Anda nanti.   Sampai jumpa di kelas   MUVI Your Success Partner Ryan Aryanto

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 PT Mulia Visitama Indonesia -www.muvigroup.com -Member of TDW Resources