5 Smart Prepare yang Jarang Diketahui Ketika Persiapan Pensiun

Pelatihan persiapan pensiun, saat ini semakin banyak yang menyelenggarakan. Namun masih sedikit yang memperhatikan kesiapan mental calon pensiunannya. Karena secara umum pensiun masih dipandang sebagai hal yang menyeramkan namun tidak dapat dihindari. Padahal tidak sepenuhnya itu benar.

Masa yang terbaik untuk mempersiapakan pensiun adalah pada hari pertama kita masuk kerja, jika kita belum mempersiapkan pensiun, maka hari ini juga kita persiapkan. Sebab, semua pekerjaan akan mengalami transisi karir berawal dari memasuki dunia kerja, mendapatkan pengalaman, memperluas jaringan, mengukuhkan keahlian, sampai kemudian memasuki masa pensiun. Pensiun normal maupun pensiun dini persiapannya hampir serupa antara lain persiapan mental dan finansial.

Secara fisik, seseorang tidak akan bisa bekerja selamanya, apalagi untuk kita yang saat ini bekerja sebagai karyawan. Walaupun kita masih mampu dan mau bekerja di perusahaan saat ini, akan tetapi kita akan dibatasi oleh usia pensiun.

Menurut motivator Rene Suhardono, karier merupakan totalitas kehidupan profesional sejak mata terbuka dipagi hari hingga terlelap tidur. Jadi, walaupun kita pensiun, pensiun dini, ataupun PHK, kita masih memiliki karier.

Selain mengikuti Pelatihan Persiapan Pensiun, beberapa hal yang Smart perlu dilakukan sebelum masa pensiun.

 

1. Persiapkan Mental Menjelang Pensiun

Banyak orang yang merasakan kecemasan saat menghadapi pensiun walaupun sudah menyiapkan mental sejak awal. Banyak pensiun yang bertanya-tanya, mengapa saat mereka pensiun merasa perasaannya campur aduk antara senang dan sedih.

Memasuki masa kedua masa hidup yaitu pensiun memang mendebarkan karena harapan harapan yang kita tanamkan dalam pikiran kita kadang tidak jelas. Mungkin kita sedikit tenang karna sudah bekerja keras dan memiliki simpanan uang atau mungkin kita resah karena tidak tahu akan berbuat apa saat pensiun, karena tidak ada yang memaksa kita untuk membuat jadwal harian yang harus dikerjakan.

Untuk itulah muailah untuk memahami masa pensiun, seperti perubahan lainnya, semua melibatkan masa transisi. Itulah kenapa kita tidak merasa nyaman pada awalnya, tetapi lama kelamaan akan terbiasa.

 

2. Menulis Tujuan Kita Sendiri

Kita tidak perlu meniru rencana orang lain. Rencanakan apa yang akan dilakukan 10 tahun mendatang dan perlahan-lahan wujudkan, jangan sampai kita tidak punya tujuan dan waktu kita terbuang percuma.

 

3. Sesuaikan Irama Hidup Kita

Masa pensiun adalah saat yang luar biasa karena tidak harus tergesa-gesa bangun pagi. Di masa pensiun juga kita tidak harus pergi ke suatu tempat, namun karena kita sudah terbiasa dengan rutinitas, maka hal yang baru dan seolah-olah terlihat “menganggur” itu memang meresahkan.

Cobalah susun daftar kegiatan, misalnya pagi berolahraga, lalu membereskan rumah, menyelesaikan tugas lainnya, dan menyiapkan diri untuk ikut kegiatan sosial.

 

4. Batasi Waktu Khawatir

Rasa khawatir itu manusiawi. Tentu saja kita khawatir karena tidak punya uang atau sakit, akan tetapi jangan khawatir berlebihan karena yang kita khawatirkan justru bisa terjadi. Tetapkan batas waktu untuk khawatir. Cobalah untuk membuat janji lima menit setiap hari untuk mencari hal yang paling menyenangkan untuk menghilangkan kekhawatiran.

 

5. Membuka Diri untuk Persahabatan

Saat pensiun kita butuh dukungan social untuk kesehatan mental yang baik. Caranya, kita bisa semakin meluangkan waktu menjalin persahabatan dengan teman-teman lama atau orang-orang yang baru kita temui. Kini saatnya untuk mengeksplorasi kemungkinan lain untuk mendapat teman yaitu melalui kegiatan olahraga, seminar, program masak, travelling, atau sekedar nongkrong diwarung kopi dekat rumah. Dalam proses ini, kita akan bertemu dengan orang lain yang barangkali satu ide dengan kita sehingga dapat dijadikan teman yang menyenangkan.

Persiapkan diri untuk pensiun yang bahagia dengan mengikuti Pelatihan Mastering Pension Program bersama MUVI Your Success Partner yang akan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 18-20 Maret 2019. Dapatkan juga Bonus Free Seminar Financial Revolution bersama Mr. Tung Desem Waringin senilai Rp. 5.800.000,-

Informasi selengkapnya silahkan hubungi Ryan di 0818-0610-2592

 

Sampai jumpa di kelas, salam sukses dan bahagia!

 

Ryan Aryanto

MUVI Your Success Partner

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.